Serunya Belanja di Pelabuhan Belawan Kota Medan

0
1580

Jadi pelabuhan terpenting di kota Medan, Pelabuhan Belawan pada awalnya adalah Labuhan Deli yang merupakan pusat Kerajaan Deli yang tersohor di kawasan Sumatera Timur. Letaknya di tepi Sungai Deli jadi bermasalah karena sungainya yang semakin dangkal. Pelabuhan akhirnya dipindahkan ke Belawan lama hingga sekarang dan ramai didatangi kapal-kapal lokal hingga asing sebagai terminal kargo umum dan sebagian menjadi pangkalan TNI angkatan laut.

Tak bisa ditampik, aktivitas di Pelabuhan Belawan semakin meningkat, bisa dibilang pelabuhan ini jadi jalur ekspor yang penting. Barang yang masuk ke pelabuhan ini, kemudian sebagian menetap di daerah sekitarnya dan mulai diperjual belikan.

Memang wajar jika perdagangan semakin meningkat di kawasan dekat laut, akhirnya beberapa kawasan pun terkenal sebagai pusat barang-barang import terutama yang datang dari negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan China.

Di daerah Belawan tepatnya Jalan Simalungun dan Jalan Veteran ada sebuah pasar yang ternyata sangat terkenal . Pasar ini dinamakan Pajak Guci atau Pajak Keramik. Pajak sendiri adalah sebutan orang Medan untuk pasar, bisa ditebak disini berkumpul bermacam keramik cantik yang bisa digunakan untuk elemen dekorasi rumah.

Keramik ini dijual di kios-kios yang berjajar di sepanjang jalannya. Dari mulai keramik kecil seperti peralatan makan, hingga guci-guci berukuran sedang hingga besar, dan dekorasi kristal berbentuk bunga semua dijual dengan harga yang sangat bervariasi, dari puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Berperan sebagai pelabuhan yang tak hanya terbesar di Sumatera tetapi juga terbesar di Indonesia, Belawan seperti pintu masuk bagi barang-barang ini. Perjalanannya dimulai dari dikirim ke Batam lalu diseberangkan ke Medan lewat Pelabuhan Belawan.

Macam keramik paling banyak datang dari ahlinya keramik yaitu negara China, tapi siapa sangka jika 30 taun lalu keramik yang terkenal dijual di sini semua berasal dari Eropa.

Yang lebih menarik lagi, di sini kamu juga bisa mendapatkan berbagai pilihan makanan kemasan import yang jarang dijual di Indonesia. Jadi tidak ada alasan tidak tertarik mengunjungi tempat ini karena tidak tertarik dengan koleksi keramik. Jika ke Medan, wajib sempatkan berkunjung ke Kota Pelabuhan ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here