Hidden Paradise Taman Laut di Utara Flores

0
966

Berbicara soal Flores, ada satu taman laut yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Taman Laut 17 Riung. Letaknya di utara Pulau Flores, tepatnya di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, NTT. Dinamakan demikian karena diambil dari tanggal kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus 1945, selain itu ada 17 pulau utama di sini. Taman wisata ini belum seramai TN. Komodo, Wae Rebo ataupun Kelimutu karena aksesnya cukup sulit dengan jalan yang belum sepenuhnya teraspal. Jaraknya sekitar 70 KM dari Bajawa dan dapat ditempuh dalam waktu 4 jam. Belum banyak penginapan di sini dan fasilitas yang ada masih sederhana.

Ada banyak pulau di Taman Laut 17 Riung, namun hanya beberapa pulau yang umum dikunjungi wisatawan seperti Pulau Ontoloe, Pulau Rutong dan Pulau Tiga. Pulau Ontoloe lebih dikenal dengan Pulau Kalong. Di sini menjadi tujuan pertama wisatawan yang datang karena letaknya tidak terlalu jauh dari dermaga. Begitu perahu mendekati pulau, mesin akan dimatikan. Ribuan kelelawar akan terbang keluar dari pulau ini di pagi hari.

Pulau Rutong ditempuh sekitar 30 menit dari Pulau Ontoloe. Pengunjung bisa singgah di pulau yang indah ini. Ada beberapa gazebo yang sudah agak rusak, namun masih bisa dipakai untuk berteduh. Daya tarik Pulau Rutong adalah pemandangan yang luar biasa indah dari atas bukitnya. Tidak terlalu sulit untuk mencapai puncak bukit karena medannya cukup landai. Garis pantainya dengan pasir putih yang berbatasan dengan laut biru tenang terlihat jelas dari atas, juga Pulau Flores di kejauhan.

Di Pulau Rutong, kalian bisa berenang di pantai ataupun makan siang karena cukup banyak pepohonan teduh di pantai ini. Menikmati makan siang dengan pemandangan seindah ini menjadi pengalaman yang berbeda. Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di Riung adalah snorkeling di sekitar Pulau Tiga.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here