Artikel Terbaru

Manfaat Minum Madu Setiap Hari

Kesehatan bisa didapatkan dari banyak cara. Salah satunya adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi tubuh. Minum madu setiap hari adalah salah satu cara membuat tubuh lebih fit.

Cairan kental yang diproduksi oleh lebah ini, memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Apa saja khasiatnya? Simak beberapa paparan berikut ini.

Kulit lebih bersih

Madu adalah salah satu antioksidan terbaik dari alam. Maka itu, ketika kita mengonsumsi madu secara rutin, ia akan membersihkan tubuh dari racun dan toksin. Dengan tubuh yang bersih dan kandungan anti bakteri, otomatis kulit akan lebih bersih.

Memangkas berat badan berlebih

Saat ingin menurunkan berat badan, pasti dokter merekomendasikan semua makanan berbahan dasar gula. Namun tidak untuk madu, karena gula yang terdapat di dalam madu memiliki komposisi yang berbeda dari jenis pemanis lainnya. Madu justru dapat meningkatkan metabolisme, yang membantu mengurangi berat badan.

Menurunkan kolesterol

Madu tidak mengandung komponen kolesterol apapun, namun ia memiliki vitamin yang dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Jantung yang kuat

Sebuah penelitian menemukan bahwa antioksidan yang terdapat dalam madu dapat mencegah arteri darah menyempit. Arteri yang menyempit dapat menyebabkan gagal jantung, kehilangan ingatan, atau pusing, tergantung di bagian mana penyempitan terjadi.

Ingatan yang baik

Peneliti juga menemukan bahwa madu dapat menghilangkan rasa stres, sehingga dapat pula meningkatkan kerja memori pada otak. Selain itu, kalsium yang terkandung dalam madu dapat dengan mudah diserap otak, sehingga memberi manfaat baik untuk kerja otak.

Tidur nyenyak

Gula pada madu dapat meningkatkan kadar insulin di dalam darah, sehingga tubuh melepaskan hormon serotonin. Hormon ini yang kemudian menjadi melatonin, yaitu hormon yang membuat tidur menjadi berkualitas.

Pencernaan yang sehat

Madu memiliki antiseptik yang kuat, sehingga amat direkomendasikan meminum satu sendok madu pada perut yang masih kosong. Ritual sederhana ini membantu tubuh terhindari dari berbagai masalah pencernaan. Madu masuk ke sistem cerna, dan membunuh kuman dan bakteri yang bisa menimbulkan penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *