Tenun Baduy dari Pulau Jawa Kini Mendunia

0
2006

Tenun Baduy yang terdapat di Pulau Jawa memang tidak terkenal seperti kain songket Palembang atau batik Pesisiran. Namun material etnik yang satu ini memiliki kekhasan sendiri dari segi bahan maupun ragam hiasnya yang mendasari pembuatannya.

Tenun Baduy juga dipercaya mengandung fungsi dan makna-makna simbolis yang berhubungan dengan tradisi dan kepercayaan orang Baduy. Bagi mereka, tenun selain berfungsi untuk memenuhi kebutuhan sandang, juga memiliki fungsi sebagai identitas, khusunya terhadap nilai-nilai adat yang juga melambangkan eksistensi mereka. Perbedaan antara Baduy Dalam dan Baduy Luar dapat dilihat dari warna dan tenunan yang mereka buat serta kenakan.

Tenun Baduy. itjeher.com.
Tenun Baduy. itjeher.com.

Baduy merupakan sebutan yang melakat pada orang-orang yang tinggal di sekitar kaki Pegunungan Kendeng di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten dengan ciri-ciri yang khas dan ‘unik’ dibanding dengan orang-orang yang ada di sekitar mereka, demikian juga dengan orang-orang daerah Banten lainnya.

BACA JUGA :

Karya SMK Kudus Kembali Tampil di Pekan Mode Internasional

Tenun dari Pewarna Aalm karya Purana yang Ramah Lingkungan

Busana Muslim Organik dari Aninda Nazmi

Dan kini tenun Baduy sudah merambah ke dunia mode negeri sendiri maupun mancanegara. Rumah mode LEKAT yang merancang koleksi dengan menonjolkan material tenun khas Suku Baduy ini, membawa busana ready to wear ke panggung Paris Fashion Week tahun 2017 lalu.

Spring Summer 2018 LEKAT. itjeher.com.
Spring Summer 2018 LEKAT. itjeher.com.

Amanda Indah Lestari selaku creative director brand LEKAT,  memang selalu menciptakan desain yang cantik dan berinovasi dengan gaya khas yang mengacu pada berbagai aspek budaya yang kaya dan beragam di Indonesia. Mengedepankan potongan berkelas tetapi tetap bergaya edgy, koleksi LEKAT pada setiap musim adalah bentuk kreasi mode yang mengintegrasikan tekstil tradisional ke dalam desain modern, yang memungkinkan pemakainya tetap nyaman dan terlihat elegan.

Spring Summer 2018 LEKAT. itjeher.com.
Spring Summer 2018 LEKAT. itjeher.com.

Seperti koleksinya yang terbaru yaitu Spring Summer 2018, LEKAT menghadirkan beragam busana siap pakai yang bermain bahan denim kolaborasi dengan tenun Baduy. Aksen patch serta frill menghiasi busana yang didominasi warna biru, abu-abu serta hitam putih. Uniknya, LEKAT kali ini menghadirkan peta Indonesia pada motif busana yang dijahit dengan benang putih diatas denim. Keren ya….

Spring Summer 2018 LEKAT. itjeher.com.
Spring Summer 2018 LEKAT. itjeher.com.

Untuk melihat koleksi lainnya, bisa follow instagram @lekatdihati atau melalui www.lekatdihati.com.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here