Clarks Indonesia Tutup : Peringatan Melemahnya Bisnis Retail

0
1149
Clarks Indonesia Tutup (Foto : Instagram/clarks.id) itjeher.com

Label sepatu asal Inggris Clarks yang gerainya tersebar di banyak mal mewah Indonesia dikabarkan segera tutup. Selain mengabarkan penutupan gerainya lewat akun instagram resmi dengan nama @clarks.id, terhitung tanggal 28 Februari sudah terlihat keramaian di gerainya yang mendiskon habis-habisan produk yang tersisa sebagai tanda ‘tutup toko’.

Clarks adalah satu diantara beberapa pemain retail yang tokonya harus gulung tikar di Indonesia. Kebanyakan yang mendengar kabar ini sudah pasti langsung berspekulasi dengan alasan ditutupnya gerai. Apalagi label ini memiliki nama yang cukup besar dan terpercaya oleh penggemarnya.

Tebakan pertama yang muncul sudah pasti anggapa bahwa label ini tidak mampu bersaing dengan arus bisnis online yang bagai mengambil alih pasar. Namun bagaimana bisa bisnis retail kalah begitu saja, jika konsumen yang membanjiri pusat perbelanjaan selalu ramai.

BACA JUGA :

Sebastian Gunawan Kembali Berkolaborasi dengan Aqua Reflections

Lagu Teresa Teng Menyusup di Revolusi Kebudayaan Cina

Bisnis retail memang tampak harus melewati jalan yang lebih berdarah-darah di Indonesia, dan penyebabnya bukan hanya kalah saing dengan bisnis online saja. Apalagi mengingat label retail juga memiliki portal jual beli online sendiri.

Nyatanya keinginan membeli konsumen telah melemah. Dari sekian banyak pengunjung yang setiap hari membanjiri pusat perbelanjaan, tak semua pulang dengan kantong-kantong belanjaan.

Clarks Indonesia Tutup (Foto : Instagram/clarks.id) itjeher.com

Keinginan membeli sebuah produk tak hanya datang dari daya beli yang rendah, walau tak dapat dipungkiri daya beli juga memiliki peran cukup besar dalam pelemahan retail ini. Tapi ada juga faktor lain seperti kepercayaan saat melakukan pembelian.

Konsumen kini nampaknya lebih menahan diri untuk berbelanja dan lama membandingkan produk sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Hingga akhirnya kinerja transaksi label retail seperti Clarks pun jadi melambat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here