Karya Siswa SMK NU Banat Menang di Asia Students Awards 2018

0
897

Untuk pertama kalinya, karya siswa SMK berhasil menjuarai kompetisi bergengsi dari Jepang, Sakura Collection Asia Students Awards 2018. Kompetisi desain busana untuk siswa bidang fashion design ini telah diselenggarakan di Indonesia sejak tahun 2015 dan secara bersamaan digelar di empat negara Asia lainnya, yakni Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam, sebagai rangkaian acara fashion Sakura Collection 2018 di Jepang. Selain sebagai media untuk mengembangkan talenta muda dalam merancang busana bertema Jepang, kompetisi ini juga bertujuan mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang dalam bidang pendidikan dan budaya.

Lebih dari 300 peserta yang berasal dari sekitar 20 sekolah fashion , 19 belas diantaranya adalah perguruan tinggi jurusan Fashion Design ternama di Indonesia dan SMK NU Banat yang merupakan satu-satunya peserta  sekolah menengah kejuruan yang mengikuti kompetisi ini. Dari sketsa yang terkumpul,  dipilih 10 finalis yang ditampilkan pada Grand Prix Final Sakura Collection Asia Students Awards 2018 untuk dinilai juri pada akhir Januari lalu di Discovery Kartika Plaza Hotel, Bali.

BACA JUGA :

Karya SMK Kudus Kembali Tampil di Pekan Mode Internasional

Siswi SMK NU Banat Kudus Sukses Menggelar Karyanya di Hong Kong Fashion Week 2018

Nia Faradiska yang menampilkan koleksi bertema “Koinobori” dinobatkan sebagai juara pertama dan Farah Aurellia dengan koleksi bertema “Kyoto” terpilih sebagai juara kedua. Kedua pemenang tersebut merupakan siswi SMK NU Banat yang mengukir prestasi sebagai siswi SMK pertama yang berhasil menjuarai kompetisi ini.

SMK NU Banat. itjeher.com.

Sebagai juara pertama, selain mendapatkan hadiah uang tunai, trofi, dan sertifikat, Nia Faradiska memperoleh kesempatan melakukan perjalanan ke Jepang untuk magang di Bunka Fashion College  (Bunka Gakuen) yang merupakan sekolah fashion terbaik ke-6 sedunia, pada tanggal 26 Februari sampai 4 Maret 2018.

Selain itu, hasil rancangannya yang terinspirasi dari bendera ikan Koi, akan ditampilkan pada acara Sakura Collection 2018 di panggung Hosho Nohgakudo, Tokyo,  bersama para pemenang dari negara Asia lainnya

Prestasi yang dicapai oleh kedua siswa SMK NU Banat ini membuktikan bahwa karya dan kualitas siswa SMK tidak kalah dengan mahasiswa sekolah mode perguruan tinggi. Sekolah yang berada di Kudus, Jawa Tengah ini merupakan salah satu dari 15 SMK yang dibina oleh Bakti Pendidikan Djarum Foundation.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here