Tips Merawat Perhiasan Emas Agar Tetap Awet

0
232
Perhiasan Emas. Itjeher.com

Nilai dari perhiasan emas dan logam mulia lainnya terletak pada kualitas, karat, dan kilau yang terjaga. Karena itu agar tetap awet dalam waktu lama, diperlukan perawatan khusus untuk menjaga kondisinya tetap prima.

Menurut ahli, perhiasan seperti emas dan logam mulia lainnya sebaiknya dicuci tiga bulan sekali. Namun, pencucian ini kembali disesuaikan tergantung seberapa sering pemakaiannya, dan seberapa sering terpapar udara dan aktivitas.

Jika kamu menggunakan perhiasan emas tersebut setiap hari, atau sering melakukan kegiatan outdoor, ahli menyarankan untuk lebih sering dicuci, dan dipoles kembali. Sedangkan pada pemakaian normal, misalnya hanya dipakai seminggu sekali, kamu bisa memolesnya setelah satu tahun atau dua tahun penggunaan.

BACA JUGA:

Gemas! Kolaborasi Fila x Chupa Chups untuk Gaya Kekinian

Park Shin Hye nonton Peragaan Busana Chanel di Paris

Gaun Metalik Bertaburan di Oscars 2018

Namun, pencucian juga memiliki efek negatif pada logam tersebut. Karena ketika sebuah logam mulia atau perhiasan dicuci, lama kelamaan berat logam mulia tersebut akan berkurang. Tiap mencuci atau dipoles berat dari logam tersebut akan berkurang beberapa miligram. Selain itu, jika sering mencuci dengan alat penggetar juga dapat meningkatkan risiko batu permata atau bebatuan yang biasanya menjadi pemanis perhiasan cepat lepas.

Karena itu, sebaiknya kita amat memerhatikan kondisi dari perhiasan yang kita miliki. Baik itu dari warna, goresan, tingkat kejernihan, dan bentuk pada perhiasan emas dan logam mulia lainnya yang dimiliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here