Tersesat di Museum menjadi Inspirasi Koleksi Terbaru Biyan

0
408
foto : instagram. itjeher.com.

Desainer ternama Tanah Air, Biyan Wanaatmadja, baru saja menampilkan koleksi Spring/Summer 2019 terbaru. Berlokasi di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, pada tanggal 22 Mei 2018 kemarin, 125 busana tetap dirancang anggun dan romantis seperti ciri khas Biyan selama ini. Yang berbeda kali ini adalah, Biyan berani menabrakan beberapa elemen detail dalam satu tampilan. Sehingga memberi kesan berani, dominan dan muda.

foto : instagram. itjeher.com.

Diungkapkan Biyan yang sudah lebih dari tiga dekade berkarya itu, inspirasi koleksinya kali ini berangkat dari hobinya berkunjung ke museum. Setiap jalan-jalan ke suatu kota atau negara, Biyan selalu menyempatkan diri mendatangi museum setempat. “Bukan untuk melihat suatu pameran khusus, melainkan merasakan sensasi dari tersesat di museum,” ujar desainer lulusan The London College of Fashion, London, Inggris.

foto : instagram. itjeher.com.

Menurutnya, ada sensasi tersendiri ketika dirinya ‘menghilang’ saat berkelana di museum.”Di museum, kita bisa mengenal sejarah peradaban seni dan manusia. Dari situ pula, kita juga belajar bagaimana kesungguhan, cinta, dan keyakinan dari hati melahirkan karya-karya indah yang timeless,” ujar Biyan.

foto : instagram. itjeher.com.

Mengaku bukan penggemar lukisan bergaya realis, Biyan menemukan daya tarik tersendiri dari karya Makarov. “Very simply classic beauty. Ada makna yang mendalam. I’m just falling in love with it,” tambahnya. Dan makna yang mendalam ini, Biyan terapkan pada koleksinya kali ini. Namun tetap ready to wear dan mudah dipadupadankan. Tidak lupa juga Biyan menambahkan aksesori besar seperti kelung dan giwang yang memberi kesan muda serta segar.

foto : instagram. itjeher.com.

Rancangannya yang didominasi oleh siluet oversized ini banyak dilengkapi oleh puffed sleeves dan drapery. Tidak ketinggalan gaun bergaya baby-doll atau kaftan dan outer  yang dilengkapi motif bunga atau aplikasi bordir yang memukau. Bahan yang dikenakan cukup bervariasi, yaitu katun, sutra, tulle hingga sutra. Warnanya tetap lembut khas Biyan, dan kali ini ia terpengaruh dari palet pastel pada lukisan Makarov. Namun banyak juga warna gelap seperti hitam yang diramaikan dengan motif bunga dankalung besar warna cerah.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here