Pameran Batik Di UNESCO Paris

0
1853

Salah satu kekayaan Indonesia yang tidak pernah habis dilestarikan adalah Batik. Keindahan seni warisan nenek moyang ini menjadi kebanggaan nusantara dan selalu berhasil menarik perhatian masyarakat di negeri sendiri maupun mancanegara.

Baru-baru saja, tepatnya tanggal 6 Juni 2018 kemarin, diadakan pameran batik yang bertajuk “Batik For The World” di kantor pusat UNESCO Paris (gedung konferensi yang biasa digunakan untuk konferensi para anggota UNESCO dari seluruh dunia). Acara ini digagas oleh Oscar Lawalata, yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, Rumah Kreatif BUMN, dan Bank Mandiri. Desainer Edward Hutabarat dan Denny Wirawan juga digandeng untuk memamerkan rancangan batiknya di venue yang biasa dijadikan tempat annual show fashion house Spanyol, Loewe ini.

Pameran ini dibuka dengan fashion show dari Oscar Lawalata, Edward Hutabarat, dan Denny Wirawan yang masing-masing memamerkan 8 busana rancangan batik dari segala penjuru nusantara. Keindahan motif batik yang diolah tiga desainer ini pun mengundang decak kagum dari para undangan yang hadir. Oscar sendiri membawa batik dari lima daerah di Jawa Timur, diantaranya Madura, Surabaya, Ponorogo, Trenggalek dan Tuban dalam tampilan koleksi ready to wear.

Koleksi Oscar Lawalata. Foto : Instagram. itjeher,com.

BACA JUGA :

Desainer Indonesia, Ika Mardiana diundang ke Paris Fashion Week 2018

Beyonce Pakai Anting Rancangan Rinaldy Yunardi

Sedangkan Edward Hutabarat memboyong batik dari daerah pesisiran Mega Mendung dan Sawung Galing dengan memadukan motif garis yang menjadi identitasnya. Edward Hutabarat mempresentasikan batik dalam haun pengantin, busana pantai dan padanan kasual lainnya dengan tampilan longgar dan ringan. Dan Denny Wirawan masih menggunakan batik Kudus (yang nyaris punah dan dihidupkannya kembali), namun kali ini dirancang menjadi busana formal yang glamor.

koleksi : Edward Hutabarat. foto : Instagram.

 “Batik For The World” juga memamerkan sekitar 100 kain batik Indonesia yang dikurasi bersama Yayasan Batik Indonesia (YBI), Rumah Pesona Kain, dan Oscar Lawalata Culture. Tidak hanya itu, ada serangkaian kegiatan lain yang dapat dijumpai, antara lain demo proses pembuatan kain batik hingga talkshow mengenai industri batik Indonesia dan perkembangannya, tradisi batik dan budayanya, serta cara memakai kain batik.

Koleksi : Denny Wirawan. foto : instagram.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here