Perancang Mode yang Peduli dengan Lingkungan, Membuat Eco-Fashion

Ketakutan akan kerapuhan bumi tercinta ini, membuat banyak lapisan yang mulai menggerakkan aktivitas ramah lingkungan. Bahkan di dunia mode dan kosmetik sekaligus. Misalnya saja label pakaian olahraga Adidas, menggandeng perancang Stella McCartney untuk meluncurkan koleksi pakaian olah raga yang memanfaatkan serat bambu.

Perancang busana India, dilansir dari The Better India, sejumlah nama desainer melakukan perjalanan ke daerah untuk mendapatkan bahan ramah lingkungan dan bekerjasama dengan pengrajin setempat. Mereka menggunakan serat pisang, nanas dan sutra Eri untuk dijadikan bahan pada busana, tas hingga sepatu.

Di Indonesia sendiri, sejumlah desainer pernah mengeluarkan beberapa koleksi yang diolah dari bahan alami. Sebut saja di antaranya Ria Miranda yang pernah mengeluarkan koleksi dari kain yang berasal dari kayu putih, di mana seratnya jadi bahan dasar tanpa campuran polyester. Selain itu, ada desainer Merdi Sihombing saat tampil di pekan Eco Fashion Week Australia beberapa waktu lalu. Ia menggunakan pewarnaan dari bahan alam, seperti kulit pohon beringin, tanaman salaon, dan harimontong.

Koleksi : Ria Miranda. itjeher.com.

BACA JUGA :

Langkah Ramah Lingkungan dari The North Face

Jam Tangan Kayu yang Kekinian dan Ramah Lingkungan

Begitu juga dengan desainer muda Nonita Respati, ia selalu mencoba menggunakan lebih banyak produk-produk yang tidak merusak lingkungan untuk bahan pakaiannya. Menurut Noni hal ini akan menghasilkan limbah yang sedikit sehingga baik untuk lingkungan.

“Sebagai penyelam, saya sangat benci melihat sampah plastik bertebaran di dasar laut. Tapi ini dituntut berpikir, bagaimana cara menjadikan bio-plastik sebagai elemen fashion,” ujar Noni.  Bio-plastik yang merupakan bahan teramat halus itu berhasil dijadikan pakaian modis oleh Nonita setelah proses trial-and-error.

Koleksi Nonita yang Ramah Lingkunga. itjeher.com.

Selain Nonita, desainer Kleting Titis Wigati dengan label KLE juga turut menampilkan keunikan produk fashion yang dibuat dari plastik. Menurut dia, konsumen sekarang tertarik dengan konsep sustainable fashion karena semakin banyak orang yang prihatin dengan kondisi sampah di Indonesia yang dikelola dengan buruk.

Koleksi KLE. itjeher.com.

Wah hebat ! ayo dukung eco-fashion yang ada di tanah air. Dan buat kamu yang bercita-cita menjadi perancang mode muda, terapkan konsep ini dari awal dan karya kamu akan menjadi keren di mata pencinta mode tanah air dan juga dunia.

 

More Stories
Menangis Sekarang, Sehat Kemudian