Tips Menjalani Eco Fashion

0
1210
Foto : Pexels itjeher.com
Foto : Pexels itjeher.com

Eco Fashion jadi isu yang marak di industri mode global. Walau demikian, sayangnya di Indonesia gaungnya belum terlalu terdengar. Istilah ini merujuk pada mode yang lebih ramah lingkungan, atau berkelanjutan.

Bukan melulu soal membeli atau menggunakan bahan yang ramah lingkungan, eco fashion punya sudut pandang menarik terutama bagi penyuka mode di era fast fashion ini.

Ingin jadi bagian dalam pergerakan ini? Mudah saja, kamu bisa melakukan hal-hal berikut!

  • Beli baju yang benar-benar disukai

Seringkali membeli baju ketika sedang diskon, tapi baju di lemari menumpuk dan yang dipakai itu-itu saja? Tandanya kamu tak benar-benar menyukai yang kamu beli. Selalu pertimbangkan bahwa baju yang kamu beli mempengaruhi lingkungan, termasuk pekerja yang membuatnya. Jangan jadikan satu potong bajupun sia-sia, karena limbah tekstil pun sulit untuk dihancurkan.

  • Jangan sekedar mengikuti tren

Tren memang buat siapapun tergoda untuk mencoba. Tapi pikir lagi dengan lebih matang, apakah benda yang kamu beli hanya akan bertahan sementara? Lebih baik pilih yang klasik dan akan bertahan selamanya di dalam lemari.

BACA JUGA :

Setelah Glass Skin Ada Tren Glass Hair ala Selebriti Hollywood

Serunya Dunia Harry Potter di Changi Airport

Dear Me Multistick Crayon untuk Pecinta Kepraktisan

  • Dukung label lokal yang memiliki nilai

Label lokal yang menggunakan bahan dan pekerja lokal, butuh dukungan untuk bertahan. Harganya mungkin lebih mahal, tapi sepadan dengan yang dibayar pada semua pihak yang terkait.

  • Beli pakaian bekas

Eco fashion membuat individu jadi lebih kreatif, karena bebas fokus pada banyak hal. Jangan ragu untuk membeli baju bekas yang masih layak pakai. Cara ini akan membantu mengurangi limbah pakaian yang nantinya akan bermuara ke lautan. Pakaian bekas juga banyak yang mengejutkan loh!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here