Menyelamatkan Laut Kita bersama SMM, Dian Sastrowardoyo dan Tulus

0
818
Sejauh Mata Memandang
Sejauh Mata Memandang

Pencemaran sampah plastik di laut Indonesia dan juga laut dunia, menjadi masalah yang tidak bisa disepelekan.  Kalau bukan kita yang mengatasinya, lalu siapa lagi ? label mode Sejauh Mata Memandang (SMM) yang terkenal dengan koleksi batik kontemporernya serta bahan yang ramah lingkungan, tergerak untuk melakukan sesuatu untuk menyelematkan laut dan bumi kita.

Tepatnya, pada tanggal 22 April 2019 kemarin, bersamaan dengan Hari Bumi, SMM meluncurkan koleksi musim kemarau 2019 bertema Laut Kita. Setiap koleksi dari SMM menceritakan kisah yang berbeda-beda yang diterjemahkan dari beberapa komponen penting yaitu penggabungan antara keindahan, budaya, desain, keahlian seniman, dan proses produksi yang mempertimbangkan dampak lingkungan.

Chitra Subyakto,
Chitra Subyakto,

Koleksi Laut Kita melambangkan sebuah doa dan aksi langkah nyata untuk berterima kasih kepada bumi. Koleksi ini mengangkat motif-motif berbentuk bunga-bunga dasar laut dan riak-riak ombak di tepian samudera dalam warna-warna alam seperti indigo, pastel pink, merah, dan putih. Teknik yang digunakan untuk menciptakan motif tersebut adalah teknik batik tulis dan cetak saring tangan karya perajin lokal.

Selain menampilkan busana terbarunya, SMM juga menggelar pameran dan instalasi desain di Plaza Indonesia, Level 2, sejak tanggal 22 April 2019 hingga 16 Juni 2019. Pameran ini bekerja sama dengan Felix Tjahyadi selaku konseptor pameran dan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik. Menghadirkan karya fotografi dan video dari beberapa kolaborator seperti Jay Subyakto, Davy Linggar, Jez O’Hare, Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, dan Tulus.

Sejauh Mata Memandang
Sejauh Mata Memandang
Chitra Subyakto, Founder & Creative Director SMM menjelaskan “Indonesia itu negeri bahari yang indah, namun keindahan alam laut mulai terganggu. Koleksi dan kampanye Laut Kita berangkat dari kegelisahan saya akan permasalahan lingkungan di negeri ini. Terutama masalah sampah plastik sekali pakai yang bermuara di laut dan tidak dapat terurai selama puluhan bahkan ratusan tahun dan mengandung zat kimia.”
“ Melalui kampanye Laut Kita, SMM mencoba untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan menjaga lingkungan. Sebagai brand lokal SMM juga memiliki tanggung jawab untuk mengubah pola dan gaya hidup konsumerisme dan apa yang menjadi kebutuhan manusia modern,” tambahnya.
Sejauh Mata Memandang
Sejauh Mata Memandang

Kampanye Laut Kita dibuka untuk umum dan dapat kamu nikmati melalui 6 area instalasi desain. Dimana masing-masing area memiliki konsep, cerita, dan filosofi yang berbeda-beda dengan melibatkan beberapa kolaborator. 6 area instalasi tersebut terdiri dari, Keindahan Alam Indonesia, Polusi Plastik, Instalasi Bawah Laut, Ruang Ajakan, Ruang Solusi dan Ruang Janji.

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here