Sampah Pola Baju Jadi Batu Sandungan Mode Berkelanjutan

0
315
Foto : Instagram/esmodjakarta Itjeher.com
Foto : Instagram/esmodjakarta Itjeher.com

Baju yang digunakan dengan ragam siluet, tentu dibentuk dari pola baju terlebih dahulu. Sayangnya banyak yang tidak sadar, bahwa kain yang terbuang dari pembuatan pola tersebut adalah salah satu bentuk kontribusi sampah yang jadi musuh bagi mode berkelanjutan.

Fokus dengan masalah ini, So Klin White & Bright dan ESMOD Jakarta mencoba memupuk kesadaran bagi para pengguna mode untuk mulai membuka mata pada cara pembuatan sebuah baju sebelum digunakan.

Caranya adalah dengan menggelar ragam acara seperti talkshow berjudul “Be Sustainable, Be Fashionable”, serta workshop “Tour de Classe : One Day as a Fashion Designer”.

BACA JUGA :

Keunikan Pakaian Adat Sasak yang Dikenakan oleh Jokowi

Selena Gomez Akan Luncurkan Produk Kecantikan

Botox Ketiak Seperti Chrissy Teigen Hanya Untuk Penderita Hiperhidrosis

Lewat acara talkshow yang telah berlangsung pada Jumat, 16 Agustus 2019, Joanna Elizabeth Samuel sebagai Marketing Manager Fabric Care menyampaikan ada setidaknya 15 persen bahan yang tidak terpakai dalam proses pemotongan yang menjadi limbah”.

Salah satu yang dibahas di dalam talkshow adalah tentang cara membuat zero waste pattern, untuk acara kelas, sisa dari pola baju yang berupa patches dimanfaatkan sebagai hiasan tote bag oleh peserta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here