Melestarikan Budaya dengan Selasa Berkebaya

0
1105
Gerakan Indonesia Berkebaya, Foto Instagram/Tenungaya. Itjeher.com
Gerakan Indonesia Berkebaya, Foto Instagram/Tenungaya. Itjeher.com

Baju nasional, Kebaya, telah menjadi salah satu baju resmi yang biasa dikenakan oleh para wanita untuk acara- acara penting. Entah itu, menghadiri pernikahan, busana untuk menikah, hingga saat wisuda. Karena hanya digunakan saat acara-acara penting, banyak orang yang merasa ‘asing’ jika mengenakan kebaya untuk busana sehari-hari.

Padahal, di jaman dahulu bisa kita lihat para nenek moyang menggunakan kebaya dengan material katun yang ringan untuk mengisi kegiatan sehari-hari. Tak sedikit pula yang juga mengenakan konde untuk penampilan harian.

BACA JUGA:

NIKI Lantunkan Indonesia Raya di Los Angeles

Jagat Sinema Bumilangit jadi Era Baru Pahlawan Super Indonesia

Maka itu, Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia baru-baru ini melakukan kampanye Indonesia Berkebaya. Ini merupakan ajakan untuk para perempuan di segala usia untuk mengenakan kebaya sebagai busana sehari-hari. Kampanye ini bertujuan melestarikan kebaya, sekaligus memperlihatkan identitas perempuan Indonesia yang memiliki busana nasional.

Indonesia Berkebaya dimulai dengan Selasa Berkebaya, yaitu ajakan menggunakan busana kebaya tiap hari Selasa. Selain gerakan berkebaya, KPB Indonesia berencana untuk mengajukan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO seperti Batik. Mereka juga meminta pemerintah untuk menetapkan salah satu tanggal sebagai Hari Kebaya Nasional. Sungguh menarik ya? Yuk, pakai kebaya bersama-sama!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here