Kain Ulos Ramah Lingkungan Merdi Sihombing Tampil di Belgia

0
200
Foto : Instagram/merdisihombing Itjeher.com
Foto : Instagram/merdisihombing Itjeher.com

Merdi Sihombing sejak dahulu dikenal sebagai desainer Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Indonesia, terutama tanah adatnya Sumatera Utara. 4 Oktober 2019 lalu, ia memamerkan koleksi busana terbarunya di Kota Antwerp, Belgia, Eropa Barat.

Acara yang berjudul Eco Fashion Indonesia ini merupakan acara kolaborasi Merdi Sihombing dan Eco Fashion Indonesia dengan Dekranasda Kabupaten Dairi yang didukung oleh PT Inalum.

Digelar di mal Antoon Van Dijk Brasserie, peragaan membuat motif ulos yang jadi kebanggaan Sumatera Utara semakin dikenal masyarakat Eropa. Ulos yang diangkat adalah ulos Silahisabungan, hasil karya komunitas perempuan di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi yang terinspirasi oleh kain warisan budaya marga Silalahi di Kecamatan tersebut.

BACA JUGA :

Ririn Ekawati Ke Lain Hati dengan Kopi

Kain Hasil Blusukan Oscar Lawalata dipamerkan di Senayan City

Mengenal Kondisi Mirror Syndrome yang Dialami Janin Irish Bella

Masuk dalam kategori eco fashion karena proses pengolahannya ramah lingkungan dan mengutamakan mode berkelanjutan. Dengan pewarna alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan di Kecamatan Silahisabungan yang terletak dekat dengan pinggiran danau toba, limbah pembuatan ulos tentu tak menyakiti tanah dan air sekitarnya.

Koleksi dibuat oleh Merdi Sihombing dengan dominasi warna hijau dan aksen kuning. Seluruhnya dimodifikasi dalam bentuk rancangan modern yang membalut tubuh para model, namun tetap tidak mengganggu keindahan dan melangkahi nilai kain itu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here