Tren Mangkuk Ayam Jago

0
1665

Masih ingat dengan mangkuk ayam jago yang melegenda? Kalau kamu sebagai pencinta street food seperti bakmi ayam dan bakso mungkin tidak asing lagi dengan wadah makan yang satu ini. Mangkuk yang memiliki diameter atas 16,5 cm, diameter bawah 9 cm dan tinggi 6 cm tersebut juga telah lama digunakan oleh bangsa Tiongkok kuno, tepatnya di masa Dinasti Ming.

Meski demikian, ada beberapa yang tidak sependapat kalau mangkuk ini datang dari Tiongkok. Beberapa peneliti ada yang berpendapat bahwa mangkuk ini berasal dari Negeri Gajah Putih, Thailand. Dikatakan bahwa ayam merah itu disebut ayam hutan Gallus gallus yang telah lama diternak dan dibudidaya sejak 8000 SM.  Dan pada 5300-4300 SM, telah ditemukan artefak atau fosil ayam Gallus gallus di Tiongkok. Selanjutnya menyebar ke India tepatnya di lembah Indus pada 2500-3000 SM. Dan yang paling terbaru ditemukan di Yunani pada tahun 409 M.

Lalu bagaimana mangkuk ini bisa sampai di Indonesia? Seperti disebutkan sebelumnya, mangkuk ini sudah ada  di Tiongkok pada zaman Dinasti Ming. Pada pada saat itu perdagangan antar negara begitu pesat, sehingga orang-orang Tionghoa berdagang ke wiayah Asia lainnya termasuk Asia Tenggara.

Di Indonesia, sudah mengalami asimilasi budaya hingga diproduksi secara masif. Dari situ mangkuk ini bisa sampai ke tangan para pedagang yang otomatis menjadi semakin murah ketimbang barang keramik asli dari asal daerah pembuat motif ayam jago tersebut.

Ayam jago dalam budaya China dikaitkan dengan kelancaran rezeki. Ada pepatah yang mengatakan manusia harus bangun pagi agar rezekinya tidak dipatuk ayam. Tentunya lewat gambar ayam para pedagang berharap bisa memperoleh rezeki yang lapang.

Dan kini, gambar ayam jago yang sudah mendunia ini menjadi inspirasi para seniman untuk menerapkannya menjadi visual di baju, tas, topi hingga kaos kaki. Bisa kamu dapatkan dengan membeli online di instagram @kamengski_stuff atau @mangkokayamid.

foto cover : instagram/pt.luckyindahkeramik1

foto : instagram/kamengski
foto : instagram/kamengski_stuff
foto : instagram/mangkokayamid
foto : instagram/lokall_id

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here