Pakai Linen Lebih Nyaman

0
1195

Linen yang memiliki karakteristik istimewa, tak pernah kehilangan penggemarnya. Terbuat dari serat tumbuhan linen yang pada awalnya terasa sedikit kaku ketika digunakan, setelah dicuci bahannya akan semakin lemas dan nyaman. Bahkan semakin melewati proses pencucian yang benar dan semakin melewati waktu lama, bahan ini akan semakin mengikuti bentuk tubuh.

Karena kenyamanannya, kain linen pada awalnya banyak digunakan untuk perlengkapan tempat tidur seperti sprei dan sarung bantal. Namun, linen sebenarnya telah banyak digunakan di Eropa mulai dari abad pertengahan. Bukan sebagai pakaian biasa, namun sebagai baju dalam yang sangat nyaman sebelum dilapis lagi dengan jubah wool agar hangat di musim dingin.

Linen biasanya tersedia dari beragam warna alami seperti putih gading, krem, dan abu-abu. Setelah menjadi bagian dari mode, linen mulai diwarnai dengan warna lainnya. Namun karakteristiknya yang erat dengan mode yang berkelanjutan tetap bertahan. Linen seperti katun, sangat ramah pada lingkungan, dan cocok untuk busana kasual.

Label Lokal dengan Koleksi Linen

Salah satu label busana yang mengeluarkan koleksi linen di Indonesia adalah Seratus Kapas. Label ini dimulai pada tahun 2015, dan sengaja memadukan pengolahan material linen dengan kekayaan budaya Indonesia. Diproduksi oleh para pekerja lokal yang menghargai proses tradisional lewat teknik manual yang jeli, setiap busana yang diciptakannya tentu saja telah melewati kontrol kualitas yang teliti.

Label lain yang mengeluarkan koleksi linen adalah Maomao. Label yang berasal dari Bali ini adalah garapan Peggy Marlene dan sering digunakan oleh orang-orang yang memiliki kecintaan pada keselarasan alam, dan gemar melakukan aktivitas di luar ruangan atau melakukan olahraga seperti yoga. Potongannya yang serba longgar, dari mulai blus hingga celana berbentuk jodhpur dan harem jadi andalan maomao.

Perawatan Linen

Untuk menjaga bahan linen lebih tahan lama, hindari mesin pengering dan keringkan dengan cara alami yaitu digantung di udara terbuka atau hanya diletakkan saja di atas selembar kain handuk.

Menyetrika linen terkadang memang terasa sulit, untuk mempermudahnya coba gunakan setrika uap atau steamer agar kerutan cepat kembali halus.

Untuk penyimpanan, daripada dilipat di dalam lemari, linen akan lebih baik jika digantung saja.

Foto Cover : http://www.seratuskapas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here