Begini Bentuk Bikini Pertama di Dunia

0
1087

Bikini telah menjadi benda penting bagi para perempuan yang ingin berlibur ke pantai. Memang, tak semua perempuan percaya diri dengan jenis pakaian renang yang satu ini. Bentuknya yang lebih terbuka dibanding pakaian renang biasa, membutuhkan ilusi tubuh ideal dan tingkat kepercayaan diri yang tinggi.

Diluar topik pede atau tidak pede, pasti kamu penasaran bagaimana bentuk bikini ketika pertama kali ditampilkan.

Pakaian ini pertama kali hadir di dunia busana renang 70 tahun lalu. Bentuknya yang mini dan biasanya berwarna-warni, telah menjadi benda paling ikonis untuk liburan ke pantai bagi orang-orang asing.

Tepat bulan Juli tahun 1946, Louis Reard, insinyur otomotif sekaligus desainer pakaian asal Paris memperkenalkan bikini ke dunia. Di dalam peragaan busana di pinggir kolam renang, bikini hadir dan mencatat salah satu sejarah penting dunia mode di dunia. Kemudian semakin terkenal ketika diperagakan di ajang kompetisi Miss World tahun 1951.

Micheline Bernardini, 1946. Foto: Slate.com

Semenjak itu, jenis pakaian ini terus diolah mengikuti tren mode terkini menjadi model pakaian renang yang tidak lekang oleh waktu. Seperti foto Brigitte Bardot yang diambil tahun 1953 di Cannes Film Festival ini, sungguh pose yang ikonis.

Brigitte Bardot at the 6th International Cannes Film Festival, 1953. Foto: Slate.com

Lalu bagaimana dengan namanya? Louis Reard memberi nama ini mengikuti nama pulau Bikini Atoll, yaitu pulau dimana tempat pengujian bom atom berlangsung.

Di Indonesia sendiri, pakaian renang yang satu ini lumayan populer akhir-akhir ini. Tidak seperti di luar negeri dimana bikini kerap dikenakan oleh semua umur, di Indonesia yang biasanya mengenakan didominasi oleh anak muda. Tak sedikit juga brand lokal asli Indonesia yang bermain di bidang pakaian renang, contohnya Swimsaic, Twentyforteen, dan Olenka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here