Ini Cara Mengetahui Ukuran Bra yang Tepat

0
736

Ukuran bra terkadang menjadi sebuah masalah yang biasanya tidak disadari oleh para perempuan. Padahal jika mengenakan ukuran yang salah, otomatis tidak akan nyaman di tubuh, dan busana tidak terlihat baik.

Beda merek, beda juga potongan dan standar ukuran yang digunakan. Walau biasanya perbedaannya tidak terlalu signifikan, namun terkadang seseorang bisa lebih cocok pada merek yang satu dari merek yang lain.

Karena itu, sangat penting untuk selalu mengecek kecocokan ukuran bra dengan payudara secara tepat. Bila biasanya kamu menggunakan ukuran X di merek A, jangan langsung serta merta membeli ukuran yang sama pada merek B. Agar lebih jelas, simak beberapa poin berikut ini.

Tanda-tanda kamu mengenakan ukuran bra yang salah

Cup

Kamu harus mengecek apakah cup pada bra mencangkup keseluruhan payudara dan menopangnya dengan pas. Jika tidak, berarti kamu mengenakan bra yang salah.

Tali lingkar

Cek juga posisi tali bra yang melingkar di bawah payudara. Jika posisinya tertarik di bagian belakang, mengangkat di bagian depan, atau terlalu ketat, coba tukar dengan bra yang ukuran tali lingkarnya lebih besar.

Tali penyangga

Tali penyangga harus terasa nyaman di kedua pundak. Jangan memilih bra dengan tali penyangga yang terlalu ketat di bagian pundak, dan menyebabkan bekas setelah dilepaskan.

Bagaimana menentukan ukuran yang tepat?

Hal paling tepat untuk menentukan ukuran yang tepat adalah dengan mencobanya satu per satu. Namun, jika kamu tidak memiliki waktu, ikuti beberapa langkah berikut.

  1. Gunakan tali pengukur yang biasa digunakan tukang jahit, untuk mengukur lingkar dada di bawah payudara. Lakukan di depan kaca sehingga kamu bisa melihat apakah tali telah terllingkar tepat, dengan ukuran meter menghadap ke depan.
  2. Jika kamu telah mendapat ukurannya, kamu akan mudah menentukan ukuran bra, sesuai tabel ukuran. Tabel ukuran bra biasanya tersedia di toko pakaian dalam tiap-tiap merek, minta pelayan toko untuk memperlihatkannya.
  3. Dari ukuran lingkar bawah payudara, kamu bisa mencoba cup mana yang pas dikenakan pada payudara.

Seberapa sering melakukan pengukuran bra?

Ukuran payudara berubah tergantung pada banyak faktor. Mulai dari hormon, penuaan, penambahan berat badan, dan masih banyak lagi penyebab lainnya. Lebih baik lakukan pengukuran bra tiap 6 bulan sekali.

Berapa lama usia bra dapat digunakan?

Penyangga payudara ini amat penting untuk dijaga bentuknya agar tetap awet. Namun, umur bra pada umumnya dapat digunakan 6 bulan hingga 1 tahun.

Kapan waktu yang tepat mengganti bra?

Jika warna dan bentuk bra tidak lagi sesuai dengan kondisi awalnya, itu saatnya untuk menggantinya dengan yang baru. Selain itu, perhatikan juga tali lingkar bawah dada dan penyangga di pundak, jika telah longgar, artinya bra sudah terlalu lama digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here