Menyetrika Pakaian Sesuai Jenis Bahan

0
848

Menyetrika pakaian terkadang menjadi salah satu pekerjaan rumah yang amat sangat dihindari banyak orang. Selain melelahkan, pekerjaan yang satu ini amat memakan waktu.

Tak hanya itu, karena tiap pakaian memiliki jenis bahan yang berbeda-beda, membuat banyak orang bingung dan takut merusak pakaian tersebut. Alhasil, banyak orang yang menyerahkan pekerjaan ini ke jasa binatu.

Tiap jenis bahan, membutuhkan cara perawatan yang berbeda-beda. Maka itu, sebagian besar busana memiliki label yang tertera simbol cara perawatan, berisi teknik mencuci, menjemur, hingga menyetrika.

Namun, tak semua orang mengerti dan paham membaca simbol-simbol tersebut. Agar lebih mudah, berikut paduan singkat yang gampang dipahami untuk menyetrika pakaian sesuai jenis bahan.

Katun

Setrika dalam panas tinggi saat pakaian masih dalam keadaan lembap saat disentuh. Jika pakaian sudah kering karena dijemur, gunakan semprotan pakaian sebanyak mungkin agar kain menjadi lembap.

Linen

Setrika dengan membalik bagian dalam pakaian ke luar. Setrika dengan panas tinggi, dalam keadaan pakaian yang lembap, jika perlu gunakan penyemprot pakaian.

Wol
Balik sisi dalam pakaian ke luar dan setrika dengan tingkat panas sedang-rendah. Gunakan semprot pakaian untuk melembapkan.

Sutra

Balik bagian dalam pakaian ke luar saat menyetrika. Lakukan proses sterika, sesaat setelah mencuci dengan keadaan pakaian masih setengah basah. Gunakan panas rendah untuk melicinkan pakaian ini. Bila perlu, gunakan kain penghantar, agar setrika tidak langsung bersentuhan dengan bahan sutra.

Poliester

Setrika bahan dengan tingkat panas sedang-rendah saat masih lembap. Gunakan semprotan jika perlu, namun hindari penggunaan steamer. Steamer akan membuat bahan ini mengkilat seperti plastik).

Nilon

Setrika jenis bahan ini dengan panas rendah, hindari steamer.

Lace

Setrika pakaian dalam keadaan kering, gunakan panas rendah. Pakai kain penghantar untuk melindungi bahan lace dari panas langsung sterika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here