Tips Merawat Tas Agar Bebas Goresan dan Noda

0
2649

Merawat tas tak hanya sekedar membersihkan dan mengembalikannya ke tas pembungkus di dalam lemari. Ketika kita membeli tas dengan harga yang tidak murah, pastinya kita ingin tas tersebut bebas dari noda dan juga goresan yang merusak kulitnya.

Tapi, saat tas menemani dalam segala aktifitas dan kondisi cuaca, apakah hal tersebut masuk akal? Ternyata ada beberapa trik yang dapat dilakukan. Apa saja? Simak beberapa poin berikut ini.

Haruskan tas kulit dilapisi?

Banyak perawatan tas yang menawarkan jasa lapisan, untuk melindungi kulit tas. Namun, sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan. Kenapa? Karena, dengan memberi lapisan pada tas kulit, akan membuatnya sulit untuk dibersihkan. Sedangkan ketika membersihkan tas kulit tanpa lapisan, kamu bisa hanya menggunakan pemoles sepatu.

Goresan

Tas kulit yang mulus, berwarna terang, dan mengkilat, adalah jenis kulit yang paling mudah terkena goresan. Namun hal tersebut tidak lagi masalah, karena ada trik mudah untuk mengatasinya. Kamu cukup menggunakan cuka putih untuk menghilangkan goresan tersebut. Aplikasikan cuka pada kain bersih yang tipis, lalu gosokkan ke area yang terkena goresan. Asam dari cuka membuat goresan mengembang, dan kembali ke tekstur kulit semula. Walaupun dengan metode goresan tidak ilang sepenuhnya, namun dapat menyamarkan noda.

Mengatasi noda makeup dan pen

Satu cara untuk menghindari noda adalah menyimpa pen dan makeup di dalam kantong kecil di tas. Namun, jika noda pen dan makeup terlanjur memberi tanda pada tas kesayangan kamu, ada beberapa trik mudah. Untuk tas berbahan suede, gunakan suede brush untuk membersihkan tas minimal 1 atau 2 kali dalam sebulan.

Makanan dan minuman

Untuk noda makanan yang tidak berminyak, cukup lap area yang terkena makanan menggunakan lap bersih, dengan gerakan memutar. Jangan terlalu lama melakukan metode ini karena akan menempelkan pigmen ke kulit. Setelah itu, bersihkan dengan lap bersih. Namun jika makanan atau minuman berminyak, lebih baik serahkan ke jasa profesional.

Membersihkan interior tas

Tanpa sadar, pasti kamu menemukan remah biskuit, bungkus permen, atau uang koin di dalam tas. Cara membersihkan paling tepat adalah mengeluarkan kain lapisan tas dari dalam ke luar tas. Agar membersihkan lebih maksimal, sikat dengan sikat lembut untuk membuang kotoran-kotoran kecil lainnya.

Cara terbaik menyimpan tas

Untuk menyimpan tas, dibutuhkan ruang yang cukup di dalam lemari. Letakkan tas di rak khusus di dalam lemari dengan berdiri tegak. Isi bagian dalam tas dengan kertas tisu atau kaus bekas agar bentuk tas tidak berubah. Masukkan ke dalam dust bag, atau sarung bantal bekas. Letakkan satu tas dan tas lain, dibatasi dengan karton tebal. Jika tas dibiarkan terletak begitu saja tanpa batas karton, akan membentuk lekukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here