Artikel Terbaru

Peraturan Pakai Vitamin C di Wajah

Manfaat vitamin C di wajah sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Dari mulai meratakan warna kulit, menangkal bahaya polusi dari lingkungan luar, meningkatkan kelembapan kulit hingga membuatnya tampak muda, khasiatnya dalam sekali oles.

Tapi jika salah menggunakannya, vitamin C malah bisa merusak wajah!

Karena itu kamu harus mencermati cara memakainya, jangan sampai rutinitas memakai vitamin C di wajah yang seharusnya mencerahkan, malah menambah masalah baru pada kulit. Ini dia peraturannya.

  1. Jangan Campur Vitamin C dengan Hydroxy Acids

Hydroxy acids akan mengubah kadar pH vitamin C sehingga antioksidan di dalamnya mati dan tidak berpengaruh lagi. Baca kandungan produk di kemasan, jika memilih produk yang mengandung glycolic acid, lebih baik dipadankan dengan serum green tea dan resveratrol yang juga memiliki fungsi antioksidan.

  1. Jangan Campur Vitamin C dan Retinol

Retinol bekerja pada pH5.5-6, sementara vitamin C yang asam bekerja di ph kurang dari 3,5. Artinya jika kamu menggunakan keduanya secara bersamaan, fungsi salah satu serum akan jadi sia-sia karena tidak ada keseimbangan.

  1. Wajib Gunakan Tabir Surya Sehabis Vitamin C

Vitamin C bersifat photosensitivity. Tak heran di dalam produk yang mengandung vitamin C, apalagi serum yang formulanya murni vitamin C dikemas dalam botol kaca yang gelap untuk menghindari paparan sinar matahari. Untuk amannya, kamu bebas menggunakan vitamin C di malam hari ketika tak terpapar langsung sinar matahari. Tapi jika ingin menggunakannya di siang hari, gunakan tabir surya dengan tepat agar kulit yang jadi lebih sensitif karena cahaya bisa mendapat perlindungan terbaik.

  1. Beri Waktu pada Kulit Sebelum Memulai Rutinitas Vitamin C

pH kulit dan pH vitamin C tidak sama, karenanya untuk sebagian orang, khususnya yang memiliki kulit sensitif, menggunakan vitamin C untuk pertama kali bisa menimbulkan sensasi terbakar atau hanya tergelitik. Jika kamu mengalami iritasi, berikan kulit waktu untuk istirahat. Bukan berarti kulit tak bisa menerima manfaat vitamin C, kamu mungkin hanya butuh jeda waktu agar kulit bernafas. Jangan lakukan eksfoliasi secara berdekatan dengan pemakaian serum Vitamin C.

Foto Cover : Instagram/votre_peau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *