Artikel Terbaru

Pernah Merinding Ketika Mendengarkan Lagu? Ini Artinya

Perasaan merinding sering diasosiasikan dengan hal-hal yang mistis. Banyak orang bilang ketika kamu merasa merinding, berarti sedang ada makhluk halus yang lewat. Bagaimana jika ketika mendengarkan sebuah lagu, bulu kuduk juga berdiri?

Menurut sebuah penelitian, jika hal ini terjadi salah satu penyebabnya adalah lagu tersebut mengingatkan kepada orang-orang yang telah pergi. Namun, selain itu ternyata penelitian tersebut juga menemukan bahwa orang yang mengalami hal ini memiliki otak yang berbeda.

Penelitian yang dilakukan di Oxford Academy ini memindai otak dari 20 orang peserta. Setengah dari kumpulan peserta itu mengalami bulu kuduk berdiri dan perasaan kuat lainnya ketika mendengarkan beberapa lagu, dan setengah lainnya tidak mengalami hal tersebut.

Alissa Der Sarkissian, salah satu perserta, merasa nafasnya seirama dengan alunan lagu, jantungnya berdegup lebih pelan, dan merasa sangat awas ketika mendengarkan lagu Nude dari Radiohead.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengalami perasaan serupa ketika merespon sebuah musik, memiliki struktur otak yang berbeda dari orang-orang yang tidak merasakannya.

Struktur otak pada orang-orang tersebut memiliki volume serat yang lebih padat. Serat tersebut terhubung dengan korteks pendengaran, sehingga kedua area tersebut terhubung secara lebih efisien.

Namun, sang peneliti menyatakan bahwa jumlah dari studi ini terlalu kecil untuk disimpulkan. Kasus ini tetap menjalani penelitian lanjutan, yang diharap dapat menarik peneliti lain untuk ikut mempelajari kasus dari reaksi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *