Artikel Terbaru

Rahasia Tanaman Herbal Peppermint

Tanaman herbal yang satu ini sudah lama populer karena memiliki aroma yang segar dan menyejukkan hati. Kini selain digunakan sebagai wewangian, mint berkhasiat untuk mengobati banyak penyakit. Kandungan mentol pada mint memiliki sifat analgesik, anestesi, dekongestan, astringent, antibakteri, antimikroba, antispasmodic, dan sifat karminatif. Oleh karena itu tanaman ini bermanfaat mengobati berbagai macam kondisi, termasuk pilek, flu, sinusitis, batuk kering, demam, mual, masalah pencernaan, Irritable Bowel Syndrom (IBS), kram menstruasi, nyeri otot, nyeri arthritis, jerawat, gatal, kulit berminyak, iritasi kulit, ketombe, luka bakar, gigitan serangga, sakit kepala, stres, mood tak stabil, dan ketidakseimbangan emosional.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengolah bahan dasar mint ini menjadi obat flu, teh dan juga minyak esensial.

  1. Obat Flu

Saat terserang flu, biasanya kita juga mengalami hidung tersumbat dan sesak napas. Tuang daun mint ke dalam air mendidih, lalu hirup uap airnya hingga napas terasa lega.

  1. Teh Herbal

Tuang daun mint ke dalam air teh panas, diamkan beberapa saat, lalu minum tanpa menggunakan gula. Selain untuk menyegarkan napas, daun mint juga bermanfaat sebagai antiseptik yang melindungi gigi dari kuman.

  1. Minyak Esensial

Kandungan minyak Astiri dan menthol dalam mint dapat membantu meringankan sakit perut seperti kram, kejang otot perut, mual dan kembung. Ambil beberapa daun mint, potong-potong, campur dengan minyak essensial mint, lalu oleskan pada bagian perut. Bila muncul sakit kepala, oleskan minyak essensial mint pada leher, dan lakukan pijatan yang lembut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *