Artikel Terbaru

Seberapa Sering Harus Berolahraga dalam 1 Minggu?

Untuk tubuh yang fit dan sehat, berolahraga harus secara rutin dilakukan. Sebuah studi menemukan bahwa tubuh harus melakukan olahraga minimal 150 menit dalam seminggu.

Dalam penelitian tersebut juga menyatakan, bahwa aktivitas sehari-hari seperti membersihkan rumah atau naik sepeda ke kantor juga bisa terhitung sebagai kegiatan olahraga.

Sebuah tim meneliti orang-orang berumur 35-70 tahun mengenai aktivitas fisik. Di antara tahun 2003 hingga 2010, lebih dari 40.000 peserta di 17 negara telah menjawab semua pertanyaan dalam survei tersebut. Lalu, 6 hingga 9 tahun kemudian, para peneliti mengecek kembali keadaan kesehatan para peserta survei tersebut.

Hasilnya, orang yang secara rutin melakukan olahraga minimal 150 menit dalam seminggu memiliki risiko meninggal dunia 28 persen lebih kecil, dan risiko penyakit jantung 20 persen lebih kecil. Maka itu, berolahraga selama minimal 150 menit dalam seminggu telah menjadi acuan yang direkomendasi oleh WHO.

Dalam penelitian tersebut, penulis juga menyatakan bahwa walaupun kebanyakan studi dilakukan di negara dengan pendapatan per kapita yang tinggi, dan para penduduknya melakukan olahraga tak hanya untuk kesehatan, namun juga sebagai rekreasi, namun pada negara menengah, orang-orang juga terhitung melakukan aktivitas olahraga, seperti bersepeda dan berjalan ke tempat kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *