Kaleidoskop 2017 : Isu Perempuan di Film Indonesia

0
1598
Kaleidoskop 2017 itjeher.com

Film Indonesia dari kacamata kaleidoskop 2017 banyak yang dengan berani menampilkan isu perempuan dalam balutan cerita yang apik. Sosok perempuan di beberapa film ditampilkan memiliki karakter yang kuat, dikelilingi dengan berbagai konflik yang sangat dekat dengan dunia nyata.

Ini dia berbagai isu perempuan yang berhasil diangkat oleh film Indonesia yang keluar di tahun 2017!

  1. Kekerasan

Isu satu ini tidak ada habisnya dibicarakan. Dalam film Posesif garapan sutradara Edwin, ditampilkan bagaimana sang karakter utama Lala, terjebak kekerasan yang dilakukan oleh kekasih yang merasa memiliki perempuan ini seutuhnya. Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) juga muncul di salah satu adegan film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak, ketika Novi sahabat Marlina yang sedang hamil tua malah dapat perlakuan kasar dari suami yang ditemuinya. Kasus kekerasan memang banyak menimpa perempuan dan menempatkan posisinya dalam stigma negatif.

Kaleidoskop 2017 itjeher.com
  1. Kesedihan dibalik Kekuatan

Trauma tidak hanya datang dari kekerasan saja, sutradara Kamila Andini lewat karyanya film The Seen and The Unseen berhasil menampilkan kesedihan dan trauma dari sudut pandang anak-anak, terutama anak perempuan. Dalam hal ini untuk Tantri yang punya ikatan kuat dengan Tantra saudara kembarnya yang terbaring koma. Begitupun dengan karakter Marlina di film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak yang digambarkan begitu sebatang kara tanpa keluarga, namun harus kuat menempuh perjalanan jauh demi mendapat keadilan.

Kaleidoskop 2017 itjeher.com
  1. Pendidikan

Masalah pendidikan untuk perempuan diangkat pada film Kartini yang rilis pada April 2017. Perjuangan Kartini tentu sangat inspiratif mengingat latar belakang budaya Patriaki yang masih kuat di masa lampau.

Kaleidoskop 2017 itjeher.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here