Membahagiakan Buruh Perempuan lewat Pameran Tulang Punggung

0
98
Foto : Instagram/jakartscouncil itjeher.com

Buruh perempuan terutama yang bekerja di pabrik Indonesia punya banyak masalah yang belum terselesaikan. Mulai dari upah, lingkungan kerja hingga hak cuti masih saja diperjuangkan hingga sekarang. Padahal jumlah pekerja perempuan bukanlah sedikit, dan para perempuan yang bekerja ini banyak yang memiliki peran ganda yaitu pekerjaan domestik di rumah.

Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Jakarta, lalu mengangkat persoalan buruh perempuan ini dalam pameran Proyek Seni Perempuan Perupa 2017 berjudul “Tulang Punggung : Relasi Industri terhadap Buruh Perempuan”.

Pameran dibuka pada Rabu, 20 Desember 2017 pukul 19:00 dan berlangsung dari tanggal 21 Desember 2017 hingga 15 Januari 2018.

Foto : Instagram/jakartscouncil itjeher.com
Foto : Instagram/jakartscouncil itjeher.com

Pameran Tulang Punggung yang bertempat di Galeri Cipta III TIM Jalan Cikini Raya No.73 Jakarta ini menampilkan dua seniman kolektif yaitu Buka Warung dan Rajut Kejut. Dikuratori oleh Angga WIjaya, seniman kolektif yang terdiri dari para perempuan ini membuat karya partisipatif yang melibatkan masyarakat luas.

Pameran ini mencoba membagikan kebahagiaan bagi para buruh perempuan. Selain buruh pabrik, ada juga buruh rumahan yang diajak untuk membuat proyek rajutan bersama. Workshop keterampilan jadi bagian dalam pameran. Para peserta membuat kerajinan seperti pin bunga dengan mengolah sampah plastik seperti bungkus kopi.

Bukan hanya memberdayakan, acara ini tentunya jadi wadah menyenangkan bagi para perempuan untuk bercengkrama dan saling berbagi cerita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here