Tradisi Menanam Ari-Ari seperti Cucu SBY

0
93
Cucu SBY (Foto : Instagram/aniyudhoyono) itjeher.com

Cucu SBY yang keempat dari pasangan Edhie Baskoro Yudhoyono dengan Siti Rubi Aliya Rajasa telah lahir. Bayi tersebut diberi nama Gayatri Idalia Yudhoyono dan dipanggil Gaia. Setelah kelahiran cucu keempatnya ini, Ani Yudhoyono sang nenek yang hobi fotografi langsung mengabadikan kegiatan pertamanya menyambut sang cucu, yaitu menanam ari-ari.

Kegiatan ini diunggah lewat akun instagramnya @aniyudhoyono, lengkap dengan foto Ibu Ani mencangkul tanah, menanam ari-ari dan mendoakannya. Di atas tanah ari-ari cucu SBY yang dikubur ini, turut ditanam juga pohon rambutan dan kelapa gading sebagai penanda.

Cucu SBY (Foto : Instagram/aniyudhoyono) itjeher.com

Tradisi menanam ari-ari ini sudah dilakukan sejak dahulu. Menurut kebudayaan Jawa, ada istilah bernama Kakang Kawah, Adi Ari, Getih Ian Puser dengan filosofi ari-ari tetap memiliki peranan panjang di kehidupan manusia, dan tak terpisahkan dari bayi layaknya saudara kandung.

BACA JUGA :

Makna Indah di Pernikahan Adat Jawa Mesty Ariotedjo

Lukisan Penari Jawa Pada Penari Modern

Karenanya, tradisi mengubur ari-ari seperti yang dilakukan pada ari-ari cucu SBY ini tidak dilakukan sembarangan dan ada tata caranya. Ari-ari yang akan dikubur tentu harus dibersihkan terlebih dahulu, dialasi daun dan dimasukkan ke dalam kendhil yang terbuat dari tanah, seperti pada foto instagram Ibu Ani.

Cucu SBY (Foto : Instagram/aniyudhoyono) itjeher.com

Prosesi ini dilakukan karena selama dalam rahim ari-ari memiliki fungsi mengirim nutrisi dan oksigen serta membawa karbondioksida dan sisa pembuangan pada janin. Peranannya yang sangat penting ini membuat ari-ari seringkali disebut sebagai pohon kehidupan, karenanya perlu dihormati sebagai rasa syukur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here