Merayakan Tubuh Perempuan Lewat Lukisan Paula Modersohn Becker

0
34
Paula Modershon Becker itjeher.com

Paula Modersohn Becker adalah pelukis seni modern pertama asal Eropa yang melukis tubuhnya sendiri dalam keadaan telanjang. Di eranya pada awal abad 20 ketika Gerakan Avant Garde  mulai muncul, seni juga bergerak dari yang tradisional menjadi lebih bebas. Perempuan mulai keluar dari urusan domestik dan bisa diakui sebagai artis.

Lukisan tubuh telanjang dirinya sendiri, kala itu dibuat oleh Paula Modersohn Becker sebagai proses konstruksi citra dirinya sebagai artis perempuan. Ia seolah menciptakan identitas bagi dirinya, dan mencoba menyusupkan gagasan mengenai emansipasi perempuan.

Sepanjang hidupnya, Paula telah menghasilkan lebih dari 1000 gambar dan 400 lukisan. Karya ini ia hasilkan di tengah tekanan keluarga dan lingkungan yang belum bisa menerima sepenuhnya lukisan yang pada masa itu dianggap memberontak.

BACA JUGA :

Novelis Virginia Woolf Sudah Mengangkat Isu Perempuan Sejak Era 20an

Inspirasi Tuxedo Perempuan Datang dari Marlene Dietrich

Bayangkan betapa sulitnya berjuang di masa itu dan mengangkat suara untuk pilihan bangga dengan tubuhnya sendiri. Sedangkan di masa modern sekarang ini saja, ketika perempuan sudah bisa lebih bebas berekspresi, masih banyak stigma yang melekat di tubuh perempuan.

Paula Modershon Becker itjeher.com

Begitupun dengan Paula, disamping kebebasannya berekspresi diantara seniman laki-laki lain, tak jarang karyanya dianggap tidak serius. Pada karyanya berjudul “Self-Portrait with Amber Necklace” di tahun 1906 bercerita bagaimana perasaannya diantara tekanan yang dihadapi.

Walau lukisan Paula Modershon Becker dalam kondisi telanjang, seksualitas bukanlah yang ingin dijadikan gagasan utama, seperti yang biasanya dilukis oleh seniman laki-laki pada kala itu. Ia ingin merayakan tubuhnya, menjadikannya bukan sekedar objek, tapi subjek penggambaran ide-idenya. Tak heran yang melihat akan lebih tertarik dengan ekspresi perempuan di gambar dan perpaduan warna romantis tubuh dan latar belakang bunga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here