Perayaan Budaya Nusantara di Festival Cap Go Meh 2018

0
1417
Cap Go Meh (Foto : Instagram/capgomehglodok2018) itjeher.com

Merayakan hari terakhir Tahun Baru Imlek, diadakan Festival Cap Go Meh 2018 di kawasan Glodok, Jakarta Barat pada Minggu, 4 Maret 2018. Festival yang tepatnya terletak di halaman gedung Pancoran Chinatown Point di Jalan Pancoran ini dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan khas kebudayaan Tionghoa.

Atraksi barongsai dan arak-arakan Joli termasuk yang paling ditunggu oleh pengunjung dan jadi ciri khas Cap Go Meh. Ketika atraksi ini tampil, pengunjung langsung memadati jalanan di sekitarnya.

BACA JUGA :

Melestarian Budaya Lewat Pagelaran Wayang Srikandi Nekat

Tebing Breksi Jogja yang tepat untuk Melihat Sunrise

Hasil Karya Seniman Indonesia di Brussels, Belgia

Namun ternyata selain berbagai penampilan khas kebudayaan Tionghoa, berbagai atraksi khas nusantara lain pun tampil. Ada tarian Gemu Fa Mi Re dari Maumere, tarian Kabasaran dari Sulawesi Utara, tarian Papua, Sisingaan, sampai Reog Ponorogo. Hiburan menarik lain seperti parade mobil hias, marching band dari Remaja Masjid Istiqlal serta pentas teater dan musik juga tampil.

Cap Go Meh (Foto : Instagram/capgomehglodok2018) itjeher.com

Acarayang dilaksanakan mulai pukul 13.00 hingga 18.00 ini memang mengundang peserta dari latar belakang profesi, etnis, budaya dan agama yang sangat beragam. Tak heran, karena perayaan Cap Go Meh sendiri usianya memang sudah sangat tua dan telah jadi bagian dari warisan kebudayaan Indonesia sejak ratusan tahun lamanya.

Sehingga walau tema besarnya untuk menutup perayaan Tahun Baru Imlek, festival ini malah jadi perayaan kebudayaan ragam suku dan persatuan bangsa Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here