Kreativitas Festival Ogoh-ogoh Menjelang Kesunyian Nyepi

0
2054
Festival Ogoh-ogoh (Foto: Instagram/festivalogohogoh) itjeher.com

Di tengah kesunyian perayaan Hari Raya Nyepi oleh umat Hindu, ada festival ogoh-ogoh yang jadi bagian dari tradisi masyarakat Bali. Festival ini tak hanya jadi tradisi yang dijalankan, namun jadi atraksi wisata bagi turis yang hadir. Digelar tepat satu hari sebelum Hari Raya Nyepi, berbagai sudut jalanan Bali akan diramaikan oleh patung-patung berukuran besar yang berbentuk mahkluk-mahkluk jahat bagian dari mitos masyarakat Bali.

Patung ini dipanggul bersama-sama dan dibawa sambil berparade lalu akan dibuang dan dibakar . Tak seberat yang dibayangkan, karena diangkat bersama-sama dan materialnya biasanya terbuat dari bambu, kertas dan styrofoam.

Festival Ogoh-ogoh (Foto: Instagram/festivalogohogoh) itjeher.com

Hampir seluruh material menggunakan styrofoam yang lebih mudah didapat, mudah dibentuk dan terntunya lebih ringan. Tapi karena isu lingkungan, styrofoam yang mengandung bahan berbahaya saat dibakar mulai ditinggalkan. Pembuat ogoh-ogoh kini beralih ke material yang lebih ramah lingkungan seperti bubur kertas.

BACA JUGA :

Pameran Yayoi Kusama Akan Hadir di Jakarta

Miss World 2017 Mengunjungi Museum Nasional Indonesia

Menanti Pertunjukan Musikal Mamma Mia! di Jakarta

Festival ogoh-ogoh ini digelar sebagai simbol pengusiran jiwa mahkluk jahat dari kehidupan manusia. Mahkluk jahat ini biasanya adalah Bhuta Kala yang dipercaya sebagai pengganggu umat manusia.

Festival Ogoh-ogoh (Foto: Instagram/festivalogohogoh) itjeher.com

Semakin lama bentuk ogoh-ogoh semakin kreatif. Pembuatnya benar-benar memperhatikan detail, menambah ketertarikan masyarakat mengabadikan tradisi unik ini. Tak hanya sesosok Bhuta Khala, dalam satu ogoh-ogoh bisa ditampilkan lebih dari dua karakter yang pembuatannya menuntut keseimbangan agar ketika diarak di festival ogoh-ogoh patung bisa tahan pada posisinya hingga sampai ke tujuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here