Pendiri Studio Ghibli Isao Takahata Tutup Usia

0
190
Isao Takahata itjeher.com

Studio animasi Studio Ghibli didirikan oleh tiga orang sahabat Hayao Miyazaki, Toshio Suzuki, dan Isao Takahata. Takahata yang berperan sebagai sutradara film, animator, penulis skenario dan produser dari studio ini baru saja tutup usia di 82 tahun karena penyakit kanker paru-paru yang sudah lama dideritanya, pada 5 April 2018 di Rumah Sakit Tokyo.

Di sepanjang kariernya bersama Studio Ghibli, Isao  Takahata telah menelurkan berbagai karya legendaris. 3 Film animasi terbaiknya diantaranya adalah Grave of the Fireflies, Only Yesterday, The Tale of  Princess Kaguya.

Film The Tale of Princess Kaguya yang menjadi film terakhirnya bahkan mendapat nominasi Best Animated Feature di ajang Academy Award di tahun 2014. Penayangan film ini mencapai Box Office, padahal film termasuk sulit ditemukan karena terbatasnya tanggal penayangan di bioskop.

BACA JUGA :

Danur 2 : Tempat Spesial Film Horor di Hati Penonton Indonesia

Menkominfo Sebut Data Facebook Bocor, Kamu Suka Ikut Kuisnya?

Stranger Things Hadir di Universal Studio

Di masa kecilnya, Isao Takahata adalah seseorang yang berhasil melewati pengalaman Perang Dunia kedua. Dengan ingatan masa lampaunya ini, ia berhasil membangun film-film animasi yang adegannya relevan dengan masa lalu tersebut.

Grave of the Fireflies itjeher.com

Di salah satu kata-kata Isao Takahata yang paling dikenal publik adalah “Jika kamu ingin kedamaian, bersiaplah untuk berperang”. Kata-kata ini disebutnya terinspirasi dari puisi karya Jacques Prevert “Jika kamu tidak ingin berperang, perbaiki kedamaian”. Menurutnya kedamaian tidak akan pernah tercipta jika pemerintah terus menerus mengangkat senjata. Kedamaian hanya akan tercipta lewat diplomasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here