Karya Anak-anak Sanggar Batik Andhaka Melanglang Buana

0
432
Sanggar Batik Andhaka itjeher.com

Sanggar Batik Andhaka adalah sebuah sanggar melukis batik di Kota Batu, Jawa Timur yang didirikan oleh perempuan kreatif bernama Anjani Sekar Arum. Di akhir tahun lalu, sang pemilik mendapat apresiasi berupa penghargaan dari Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) untuk kategori Kewirausahaan dari PT Astra International Tbk.

Di Sanggar Batik Andhaka ini setiap harinya anak-anak kecil Kota Batu berlatih membatik sambil bermain dan saling bercengkrama. Anak-anak kecil tersebut kebanyakan datang bergantian seusai jam belajar sekolah.

Proses membatik ini tentu dengan cara-cara tradisional yang telah banyak dilupakan generasi masa kini. Tak ada target yang dipatok untuk anak-anak ini, semua menyelesaikan batik sebagai karya yang menyenangkan sesuai dengan kemauannya sendiri.

BACA JUGA :

Pendiri Studio Ghibli Isao Takahata Tutup Usia

Mengapa Film Arini Wajib Ditonton? Ini Alasannya

Gundala, Proyek Film Terbaru Joko Anwar 

Hasil belajar sambil bersenang-senang ini ternyata membawa hasil yang diluar dugaan. Misalnya saja, beberapa tawaran untuk pameran tiba-tiba datang. Seperti pada tahun 2014, Sanggar pernah ditawari pameran di Praha Ceko oleh Walikota Batu.

Sanggar Batik Andhaka itjeher.com
Sanggar Batik Andhaka itjeher.com

Selain itu, ketika ayah Anjani yang seorang seniman diundang untuk acara kebudayaan yang digelar oleh United Nations Educational. Scientific and Cultural Organization (UNESCO), Anjani mengambil kesempatan ini untuk mempromosikan sanggarnya hingga berhasil berpameran di India.

Tak hanya pameran, pembeli dari luar negeri pun berdatangan. Salah satunya adalah turis dari Taiwan yang khusus datang ke Jawa Timur untuk mencari UMKM yang unik. Dari langkah awal ini, Sanggar Batik Andhaka bisa menembus pasar Taiwan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here