Kandura Studio Bandung kini Hadir di Jakarta

0
1738
Foto : Instagram/kandurastudio. itjeher.com.

Kandura studio yang merupakan studio keramik di Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 2005, kini hadir di Jakarta. Tidak hanya sekedar membuat keramik, Kandura sudah berhasil membawa karya seni tanah air ini ke mancanegara, antara lain diundang pada pameran seni di Spanyol.

Di Indonesia sendiri, Kandura mendapat tawaran menggarap proyek replika wall tiles di Museum Bank Indonesia. Untuk mereplika keramik dinding berumur ratusan tahun dengan alat-alat yang terbatas, mereka menyiapkan riset sekitar satu tahun, dan memulai produksinya setahun berikutnya.

Foto : Instagram/kandurastudio. itjeher.com.

BACA JUGA :

Pameran Seni ‘Namaku Pram’ Menginspirasi Generasi Muda 

Nasi Goreng Diplomacy yang Unik di Jogja

Kandura sendiri berangkat dari ide Fauzy Kamal Prasetya untuk membuat studio keramik di Bandung pada 2005. Lulusan Desain Produk Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (FSRD ITB) ini kemudian mengajak dua teman dari seni keramik, Batsebha Satyaalangghya dan Tisa Granicia. Studio kecil yang juga menjadi bagian rumah Fauzy tersebut menjadi tempat awal untuk menampung eksperimen keempatnya dengan material keramik agar  bisa diapresiasi publik.

Foto : Instagram/kandurastudio. itjeher.com.

Selain produk interior serta peralatan dapur seperti piring, gelas, mug dan lainnya, Kandura juga mulai menciptakan kalung keramik dengan desain yang unik dan berbeda. Dengan penciptaan kalung keramik ini mereka membentuk perhiasan menjadi karya seni. “Keramik itu menyimbolkan persimpangan budaya dan menguak sejarah panjang dari perhiasan kontemporer,” ujar Tisa Granicia.

Dan kini, studio Kandura yang selama ini berada di Bandung, sudah hadir di Jakarta. Tepatnya di jalan Bangka IX no. 64, Pela Mampang, Jakarta Selatan. Selain dapat melihat dan membeli kreasinya, kamu juga bisa mengikuti workshop membuat aneka keramik disana. Untuk informasi jadwalnya, bisa melihat instagram @kandurastudio atau websitenya di www.kandurastudio.com.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here