Galeri Nasional Indonesia sebagai Sahabat Seni Masyarakat selama 20 Tahun

0
1446
Foto : Instagram/galerinasional. itjeher.com.

Pada tanggal 8 Mei 2018 kemarin, usia Galeri Nasional Indonesia sudah menginjak 20 tahun. Cukup banyak perubahan dan perkembangan yang terjadi. Mulai dari pengunjung yang semakin diramaikan oleh anak-anak muda, hingga prestasi yang diraih seperti Visual Arts Award 2011 dan 2015 ICOM Australia Award. Selain itu, keterlibatan Galeri Nasional Indonesia dalam ajang-ajang international juga penting untuk diapresiasikan. Antara lain, Asian Art Museum Director Forum (AAMDF) 2013, Frankfurt Book Fair (FBF) 2015, World Culture Forum 2016 serta Europalia Arts Festival 2017.

Yang terbaru disini adalah Pameran Manifesto 6.0 “MULTIPOLAR” ? yang merupakan karya seni dari 61 seniman muda yang berpartisipasi. Dari 61 seniman yang berpameran ada 61 karya yang dipajang. Yakni berupa lukisan, patung, keramik, seni instalasi, grafis, fotografi, mural, dan video art. Para seniman yang berpartisipasi berasal dari kota Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. Salah satu yang menarik adalah koleksi dari kelompok seni Tromarama dari Bandung yang membuat teknologi cara melihat bagaimana manusia mengkonstruksi potret dirinya dalam berbagai bentuk karya rupa dari masa ke masa. Teknologi sebagai perpanjangan dari tubuh manusia ikut merubah bagaimana sebuah potret diri diproduksi sekaligus dipersepsi.

Foto : Instagram/galerinasional. itjeher.com.

BACA JUGA :

Kandura Studio Bandung kini Hadir di Jakarta

Karya Anak-anak Sanggar Batik Andhaka Melanglang Buana

Kurator seni, A. Sudjud Dartanto, mengungkapkan “Kami mulai mengerucut pada seniman-seniman kelahiran 1980 sampai 2017. Kami melihat semacam adanya gerakan seni rupa baru di Indonesia saat itu. Tahun-tahun setelah reformasi mencari identitas diri.”

Karya yang dipamerkan di Gedung A mengenai budaya pop, keseharian masyarakat, spiritual, psikoanalisa, dan lain-lain. Khusus Gedung B adalah karya new media art, dan sosial politik serta lingkungan ada di Gedung D Galeri Nasional Indonesia. Dan bisa kalian nikmati hingga tanggal 17 Mei 2018.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here