Istana Negara Rayakan Musik Nasional

0
283

Hari Kamis tanggal 9 Maret 2017 lalu, Istana Negara diramaikan oleh sejumlah musikus lintas generasi. Dari mulai Titiek Puspa, Bimbo, Andre Hehanusa, Ita Purnamasari, Dwiki Dharmawan, Dian Dipa Chandra alias Candil, Raisa, hingga Tulus hadir memenuhi undangan Presiden Joko Widodo.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Presiden yang akrab disapa Jokowi ini adalah penikmat musik, tapi dirayakannya Hari Musik Nasional di Istana Negara ternyata terlaksana setelah melalui perjalanan panjang terlebih dahulu. Dari mulai pertama kali diusulkan di era pemerintahan BJ Habibie, dicanangkan di era Presiden Megawati Soekarnoputri, lalu akhirnya ditetapkan dalam Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2012 di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Tanggal 9 Maret juga dipilih bukan tanpa alasan, tapi karena bertepatan dengan hari lahirnya komponis besar Indonesia Wage Rudolf Supratman yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Perayaan di Istana Negara ketika era Presiden Jokowi ini berlangsung spontan dan banyak kejutan. Di tengah-tengah acara, Jokowi memberikan kuis berhadiah sepeda seperti yang sering dilakukannya ketika hadir di tengah masyarakat. Terbukti dengan cara ini, suasana perayaan jadi lebih hangat.

Foto : instagram/tulusm

 “Kami semua pakai batik. Selain Presiden Jokowi yang terus melawak sepanjang acara, perhelatan dengan suasana sangat cair kemarin di Istana Negara juga membuka peluang kami para penggiat musik untuk bisa menyampaikan buah pikir langsung kepada kepala negara. Menurut saya, penghargaan terhadap seni adalah salah satu kunci besarnya Bangsa. Semoga gelaran Hari Musik Nasional di Istana Negara bisa menyampaikan pesan itu kepada masyarakat Indonesia. ” Ujar Tulus, salah satu penyanyi tanah air yang hadir di acara tersebut.

Baginya memberikan satu hari khusus untuk musik dan diakui secara nasional adalah hal yang sangat penting. Selain untuk menghargai musik sebagai produk budaya, Hari Musik Nasional juga memberi ruang apresiasi yang lebih terhadap musikus. Apresiasi yang baik akan membangun atmosfer berkarya yang baik. Karya-karya yang berkembang dan baik, akan memajukan budaya Bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here