Belajar Bahasa Sunda di Film Rocker Balik Kampung

0
877

Sudah lama rasanya tidak melihat film Indonesia yang menggunakan bahasa daerah sepanjang film tersebut berlangsung. Bahkan ada teks bahasa Indonesia untuk menerjemahan penonton yang tidak mengerti pada saat menontonnya. Yaitu di Film Rocker Balik Kampung yang disutradai oleh Uli Rahman, dan akan tayang serentak di bioskop 12 Juli 2018.

Rumah produksi MSH Films memang sengaja ingin menghadirkan film Indonesia yang kental dengan budaya Jawa Barat ini. “Kangen dengan film yang mengangkat budaya Sunda seperti Kabayan, sekaligus mengingatkan masyarakat bahwa film Jawa Barat masih bisa berkembang. Jangan kalah dengan film lokal lain,” ujar Nayaka Untara selaku produser.

Film Rocker Balik Kampung didukung sejumlah pemain yang kebetulan memiliki darah Sunda. Misalnya Winky Wiryawan, Bisma Kharisma, Egi Fedly, Budi Dalton, dan Iyang Darmawan. Ada pula Maryam Supraba, Otig Pakis, Rulli Ginting, dan Cleita Ariel Diandra. Aktor sekaligus musisi Winky Wiryawan didaulat menjadi pemeran utama bernama Joe Santani. Menurut Uli, pemilihan Winky sebagai pemeran utama karena dia memenuhi dia kriteria dasar, yakni sebagai musisi dan aktor.

BACA JUGA :

Film Kulari Ke Pantai berlokasi di Jakarta hingga Alas Purwo, Banyuwangi

Babak Baru Kisah Si Doel, Sarah, dan Zaenab

Sinema drama komedi ini menceritakan tentang rocker yang sukses meniti karier di kota besar dan pada akhirnya pulang ke kampung halaman. Sangat kental dengan nilai sejarah, budaya dan kemanusiaan. Selain menampilkan kesepuhan (kampung) yang masih aktif, film juga menampilkan banyak kesenian daerah seperti Gondang Buhun, Dog Dog Lojor, Jipeng, dan tarian Putri Tujuh.

Naya menyebutkan, di Jabar ada sembilan kasepuhan, dan enam di antaranya masih aktif, termasuk Sinar Resmi. Menurut Naya, timnya memilih Kasepuhan Sinar Resmi karena dari sisi produksi bisa dimaksimalkan. Misalnya akses jalan menuju kesana yang tidak terlalu sulit. Selain itu, ada faktor kedekatan dengan Abah di kasepuhan yang sangat terbuka.

Yang seru, selain kita jadi mengetahui kebudayaan Sunda yang banyak itu seperti alat musik karinding, celempung dan tarawangsa, setelah menonton film Rocker Balik Kampung, kita juga seakan-akan sedang mengikuti kurus bahasa Sunda. Hampir semua penonton setelah keluar dari bioskop tiba-tiba fasih berbahasa khas Jawa Barat ini. Bangga !

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here