Kampung Lawang oleh Sanggar Aktor Cilik Indonesia

0
239

Sanggar Aktor Cilik Indonesia (ACI) yang baru berdiri pada tanggal 20 Juni 2016, sudah berhasil membuat pertunjukan cerita budaya Indonesia yang dimainkan oleh anak-anak usia 3,5 tahun hingga 15 tahun. Dibawah asuhan Ruth Marini (aktor teater, film, dan sutradara teater), yang bertindak sebagai pendiri dan pengajar, sanggar ACI sudah memiliki 42 anggota.

Dan pada tanggal 15 Juli 2018 besok di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, akan digelar pertunjukan berjudul ” Kampung Lawang ” oleh sanggar ACI. Bercerita mengenai seorang anak bernama Aruk yang lahir di tengah keluarga yang miskin, di sebuah kampung di pedalaman Lampung bernama Kampung Lawang, yang dalam masyarakat Lampung mengenalnya dengan kampung gila. Aruk baik hati, namun Ia punya kelakuan yang nakal dan selalu membuat ulah baik di rumah maupun di kampungnya.

BACA JUGA 

Teater Tanah Air Indonesia akan Tampil di Jerman

Berkenalan dengan Musisi Jazz muda Indonesia, Amelia Ong

Ia tinggal dengan ibunya Hedar dan bapaknya Rustam, Bangsawan Lampung yang jatuh melarat. Ia memiliki tiga orang adik – Arik, Orok, Irik. Ketiga adiknya pun memiliki polah tingkah yang sama dengan kakaknya, Aruk. Khususnya Aruk, ia selalu saja tidak bisa menjalankan tangung jawab yang diberikan padanya. Setiap harinya ia selalu bertugas memasang bubu (alat tangkap ikan khas Lampung), namun setiap hari pula ia tidak pernah berhasil melakukannya. Selalu ada alasan yang sangat kocak mengapa dia selalu gagal.

Polah tingkah Aruk dan ketiga adiknya ini yang membuat kisah ini yang awalnya kocak lalu berakhir dramatik. Selain itu, kondisi kampung, dengan segala atribut kampungan, baik dari masyarakatnya maupun kebiasaannya, menjadikan kisah Aruk menjadi lebih kompleks. Pementasan kali ini juga melibatkan para pengajarnya dalam memerankan tokoh di dalamnya.

Pertunjukan “Kampung Lawang” ini adalah pertunjukan yang kedua dari sanggar ACI. Sebelumnya mengikuti pertunjukan mewakili anjungan Lampung dan meraih juara terfavorit, juara 3 dan juara aktris terbaik dalam parade teater traditonal se-Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here