Pertunjukan Siluet Sjahrir oleh Main Teater

0
153

Main Teater Bandung adalah lembaga nirlaba yang dibentuk tahun 1995 oleh beberapa teaterawan dari Indonesia dan Australia. Main teater telah menjelajahi beragam kemungkinan pementasan, antara lain pementasan teater untuk anak-anak, penyajian monolog yang berangkat dari akar tradisi, pemanggungan naskah Indonesia dalam dua bahasa, serta pengadaptasian monolog ke dalam bentuk teater fiskal tiga bahasa (Indonesia, Inggris, dan Auslan), serta naskah-naskah baru yang belum pernah dipentaskan di Indonesia dan naskah lama dengan intrepretasi baru.

Proses kreatifnya mengangkat potensi multikultural dan cross culture yang ada di masyarakat dan dapat mempresentasikan karya dalam konteks budaya yang luas. Dan pada tanggal 18 Agustus 2018 nanti, main teater akan membuat pertunjukan berjudul Siluet Sjahrir yang berlatar belakang tahun 1945. Memakai pola pemanggungan realis dan artistik realis tahun tersebut, pertunjukkan ini didukung visual mapping untuk memperkuat peristiwa. Artistik dalam pertunjukan ini dibuat minimalis, hanya sebagai sebuah penanda ruang dan waktu tanpa detail rumit.

BACA JUGA :

Ganara Art Space Mengajarkan Seni pada Batita, Balita hingga Remaja

Akhirnya, Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali Rampung

Penggunaan artistik yang minimalis ini memungkinkan pertunjukan untuk mendapat ruang yang lebih luas di wilayah visual mapping. Penggunaan visual mapping juga dapat menjadi penggerak peristiwa di beberapa adegan yang mengharuskan si tokoh menceritakan ulang peristiwa lain dalam pertunjukan.

Penasaran ya ! Siluet Sjahrir oleh Main Teater dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 18 Agustus 2018 pukul 15:00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here