Film Wiro Sableng Memasukkan Unsur Budaya Indonesia

0
745

Pada tanggal 27 Agustis 2018 kemarin, film superhero Indonesia, Wiro Sableng, ditampilkan untuk para rekan media di Epicentrum XXI, Jakarta. Dan pada tanggal 30 Agustus 2018 besok, akan tayang serentak di bioskop Tanah Air.

Petualangan pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 adalah film pertama Indonesia yang diproduksi oleh Fox International Production (anak perusahaan 20th Century Fox). Menceritakan tentang abad ke-16, Wiro Sableng, seorang pemuda, murid dari pendekar misterius bernama Sinto Gendeng, mendapat titah dari gurunya untuk meringkus Mahesa Birawa, mantan murid Sinto Gendeng yang berkhianat.

Dalam perjalanannya mencari Mahesa Birawa, Wiro terlibat dalam suatu petualangan seru bersama dua sahabat barunya, Anggini dan Bujang Gila Tapak Sakti. Pada akhirnya Wiro bukan hanya menguak rencana keji Mahesa Birawa, tetapi juga menemukan esensi sejati seorang pendekar.

BACA JUGA :

Gerhana Bulan Kali Ini Berwarna Merah Seperti Kisah Wiro Sableng

Film Iko Uwais bersama Mark Wahlberg Sudah Tayang di Bioskop

Yang membuat istimewa, film ini memasukkan unsur budaya Indonesia yaitu pencak silat. Dimainkan oleh Vino G Bastian yang mengaku banyak pelajaran penting yang bisa diambil dari sosok tersebut. Bagi Vino, Wiro Sableng adalah sosok yang rendah diri. Dia tidak mau memperlihatkan kehebatannya di hadapan orang-orang.

“Sikap yang dimiliki Wiro sangat pantas diterapkan di dunia nyata. Wiro juga mempraktekkan ilmu padi, yang semakin berisi akan semakin merunduk. Jadi kalau suatu saat saya punya ilmu tinggi, saya juga harus belajar dari Wiro Sableng yang tidak sombong, “ ujar Vino.

Film ini juga menampilkan banyak tradisi budaya lewat kain tradisional yang dikenakan oleh pemain. Adrianto Sinaga yang berperan sebagai production designer, memakai kain-kain tradisional untuk meramaikan kostum di film ini. Misalnya saja Sherina yang menjadi Pendekar Anggini, menggunakan unsur ulos. Sedangkan Wiro Sableng menggunakan kain dari Baduy. Selain itu, film ini juga mengenalkan masyarakat tentang senjata khas dari berbagai daerah di Indonesia, salah satunya berbag. Dan juga topeng-topeng yang dikenakanpun asli nusantara. Wah semakin penasaran ya….Segera beli tiketnya sebelum kehabisan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here