Tokoh Pahlawan Sultan Agung ditampilkan lewat Film Karya Hanung Bramantyo

0
610

Hingga kini, pelajarah sejarah mengenai perjuangan pahlawan melawan penjajah dan memperebutkan kemerdekaan akan terus diberikan turun temurun kepada generasi muda Indonesia. Tidak hanya melalui pelajaran di sekolah, namun juga melalui film yang khusus dibuat oleh seniman tanah air.

Salah satunya sutradara senior, Hanung Bramantyo, mengangkat tokoh Sultan Agung yang selama ini digambarkan sebagai sosok yang ambisius dan kejam dalam literatur Belanda, salah satunya karena keputusannya menyerang Batavia. Sultan Agung dari Kerajaan Mataram berani melawan pengusaha VOC saat sebelum penjajahan. Dia juga menyatukan kerajaan yang terpecah belah dari Madura, Surabaya, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat hingga Batavia.

BACA JUGA :

Film Wiro Sableng Memasukkan Unsur Budaya Indonesia

Film Iko Uwais bersama Mark Wahlberg Sudah Tayang di Bioskop

Sultan Agung yang dimainkan oleh Ario Bayu, memiliki tugas besar yakni harus menyatukan adipati-adipati di tanah Jawa yang tercerai-berai oleh politik VOC yang dipimpin Jan Pieterszoon Coen di bawah panji Mataram. Namun di film ini juga menceritakan mengenai cinta sejati Sultan Agung kepada Lembayung (Putri Marino) namun terpaksa menikahi perempuan ningrat (Anindya Kusuma Putri) yang bukan pilihannya.

Penggagas dan produser film Sultan Agung,  BRA Mooryati Soedibyo, menyatakan bahwa film ini adalah satu tontonan dan tuntutan untuk masa muda, yang maju dengan pengetahuan melalui digital online. “ Perjuangan kita belum selesai, kita sudah memperingati kemandirian 17 Agustus. Kesempatan kita banyak, kemajuan harus kita ikuti. Pesan-pesan yang diajarkan pendahulu, kita teruskan dengan cara kemajuan yang sesuai,”  ujar Ibu Mooryati.

Film berdurasi 148 menit tersebut diperankan sederet aktor dan aktris kenamaan Indonesia lainnya, seperti Marthino Lio, Adinia Wirasati, Lukman Sardi, Teuku Rifnu dan Christine Hakim. Dan sudah tayang di bioskop sejak tanggal 23 Agustus 2018 hingga kini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here