Indonesia dan Korea pasca-1945 di Galeri Nasional Indonesia

0
1435

Setelah ramai dengan hadirnya penyanyi asal Korea Selatan di Asian Games 2018 serta kunjungan Presiden Jokowi kesana beberapa waktu lalu, kini Galeri Nasional Indonesia membuka pameran tentang arsip sejarah Indonesia dan Korea.

Bertajuk  “Kisah Dua Kota: Arsip Naratif dari Ingatan”, pameran ini diselenggarakan oleh Project 7½, didukung Galeri Nasional Indonesia, Arts Council Korea, The Embassy of the Republic of Korea, Korean Cultural Center, Korean Association serta Indonesian and Korean Culture Study. Pengunjung akan  disuguhkan berbagai kisah dan fakta yang terlupakan dan terabaikan dari sejarah kedua negara tersebut sejak tahun 1945.

BACA JUGA :

Indonesia International Book Fair 2018 kembali Digelar

Liburan Ke Seoul Melihat Instalasi Raksasa KAWS

Berisi karya seni intalasi yang tercipta dari tangan para seniman Korea dan Indonesia, diantaranya Forum Lenteng (Jakarta), Irwan Ahmett & Tita Salina (Jakarta), Jatiwangi art Factory (JaF) + Badan Kajian Pertahanan (Jatiwangi), Mixrice (Seoul), Sulki & Min (Seoul), dan Sunah Choi (Busan, Berlin). Bisa dinikmati oleh masyarakat hingga 29 September 2018, mulai pukul 10.00 – 19.00 WIB.

Sebelumnya, pameran serupa juga diselenggarakan di Korea Selatan dengan tema “A Tale of Two Cities: Narrative Archive of Memories”. Tepatnya di yakni Arko Art Center, Seoul, Korea Selatan. Pameran ini juga melibatkan seniman Indonesia, yaitu Irwan Ahmett & Tita Salina, Timoteus Anggawan Kusno dan  Forum Lenteng.

Sebagai kurator pameran sekaligus Project 7 ½, Sunyoung Oh, acara ini memang khusus dibuat karena persamaan yang dimiliki kedua negara, yakni kemerdekaan pada tahun 1945. Indonesia merdeka dari penjajahan Belanda pada 17 Agustus 1945, sedangkan Korea merdeka dari penjajahan Jepang pada 15 Agustus 1945.

Segera kunjungi Galeri Nasional Indonesia, Jl. Medan Merdeka Timur No.14, Jakarta Pusat. Untuk informasi bisa melalui www.galeri-nasional.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here