Sentuhan Budaya Indonesia yang Meramaikan Interior Tempat Tinggal

0
1033

Keindahan  Budaya Indonesia seakan tidak pernah ada habisnya. Dari berbagai unsur, budaya Indonesia selalu menarik untuk ditampilkan sebagai inspirasi. Salah satunya yang dilakukan oleh dua belas pemuda bangsa dengan profesi sama (desainer interior)  dan tergabung dalam ID12. Mereka membuat  pameran bertajuk The Colours Of Indonesia III : Maison12,  yang menginfusi unsur-unsur Indonesia, tidak hanya pada pattern, tapi juga motif, aura dan detail pada hunian apartment.

Pameran ini resmi dibuka pada tanggal 14 September 2018 dan akan berlangsung hingga 23 September 2018 di Atrium Senayan City, Jakarta. Sehingga siapapun bisa melihat hasil karya seniman Tanah Air disana. Menurut Ary Juwono selaku the Chairman of The Colours of Indonesia,  “Memasuki tahun politik, kebanyakan orang menahan diri untuk tidak berinvestasi pada rumah tinggal, bisnis retail, dan seterusnya. Namun lain halnya dengan hunian apartemen. Menurut pengamatan ID12, salah satu jenis properti yang dalam situasi apapun dapat berkembang terus adalah apartemen. Oleh karena itu tema show unit apartemen tersebut kami tampilkan berbeda dan unik.”

The Spirit of Sumba. itjeher.com.

BACA JUGA :

Indonesia dan Korea pasca-1945 di Galeri Nasional Indonesia

Indonesia International Book Fair 2018 kembali Digelar

Ada beberapa tema pada Maison12 kali ini, yaitu  ‘The Spirit of Sumba’ yang dikerjakan oleh satu Desainer,  ‘The Mystical Papua’ apartemen satu kamar yang diolah dua desainer, ‘The Voyage of Borneo’ apartemen dua kamar yang digarap oleh empat desainer, serta ‘The Soul of Java’ apartemen tiga kamar yang ditangani oleh lima desainer.

The Voyage of Borneo. itjeher.com.

Inspriasi The Spirit of Sumba lahir saat Sumba tengah menjadi primadona seiring kecenderungan dunia pariwisata mengarah ke Indonesia Timur. Dirancang oleh Ary Juwono, ia menciptakan atmosfir dalam nada kontras gelap terang yang mengalirkan nada harmonis dengan pusat lampu gantung. Sedangkan Eko Priharseno dan Reza Wahyudi menggarap gaya eklektik untuk apartemen satu kamar yang dinamakan The Mystical Papua. Inspirasinya datang dari keindahan Raja Ampat dan budaya Papua yang kental dan tegas hingga melahirkan adaptasi desain kontemporer eksperimental yang menjadi spesialisasi Eko dan Reza.

The Mystical Papua. itjeher.com.

The Voyage of Borneo, mengusung unsur kerajinan yang menjurus ke arah desain yang lebih artsy dan modern. Merupakan signature style dari Prasetio Budhi, Yuni Jie, Sammy Hendramianto dan Roland Adam. Sedangkan The Soul of Java, apartemen tiga kamar, lahir dari semangat berkolaborasi untuk memadukan gaya modern klasik kolonial yang luxury dengan craftmanship yang tinggi dari lima desainer. Keseharian desain Agam Riadi, Vivian Faye, Anita Boentarman, Joke Roos, dan Shirley Gouw yang kerap memadukan gaya klasik dengan gaya abad pertengahan untuk diterapkan dalam berbagai elemen interior dengan menjunjung khusus budaya etnis Jawa.

The Soul of Java. itjeher.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here