Pementasan Wayang dan Tari yang Terinspirasi dari Gerakan Binatang

0
823

Pementasan wayang orang seperti kita tahu merupakan tradisi nenek moyang yang sangat digemari pada tahun 1970 – 1980. Pada perjalanannya, popularitas wayang orang semakin menurun seiring tergesernya kesenian tradisional oleh seni pertunjukan yang lebih modern. Di tengah cukup langkanya pementasan wayang orang, pertunjukan Wayang Orang Bharata dapat menjadi pengobat rindu bagi Sahabat yang ingin bernostalgia dengan sandiwara berseling tembang-tembang Jawa.

Gedung pertunjukan Wayang Orang Bharata diapit toko barang-barang kelontong dan jejeran pedagang kaki lima di Jalan Kalilio. Lokasinya berada di jalur padat, tidak jauh dari Terminal Senen, Jakarta Pusat. Dapat dituju menggunakan bus Transjakarta dan turun di halte pasar Senen dilanjutkan dengan jalan kaki selama beberapa menit.

BACA JUGA :

‘Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak’ Menuju Oscar

Indonesia dan Korea pasca-1945 di Galeri Nasional Indonesia

Pertunjukan dimainkan oleh manusia dengan penampilan dibuat layaknya wayang kulit, baik dari riasan maupun kostumnya. Tata panggungnya memang tidak megah, namun memadai kendati dalam kesederhanaan.Keseluruhan isi pertunjukan menggunakan bahasa Jawa halus. Bagi Sahabat yang tidak bisa berbahasa Jawa, tidak perlu khawatir. Di bagian atas panggung terdapat teks berjalan dalam bahasa Indonesia, yang memberikan informasi mengenai alur cerita atau lakon yang sedang dipentaskan.

Bila kamu ingin menyaksikan pertunjukkan terbarunya Wayang Orang Bharata, hadiri pertunjukannya di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta, pada tanggal 29 September 2018 pukul 15:00 WIB. Kali ini mereka akan menampilkan keragaman dari bagian Timur Indonesia.  Tarian dari Timur kerap mengambil inspirasi dari gerak binatang ataupun kehidupan sehari-hari masyarakatnya, bahkan tentang perjuangan membela negara. Beberapa tarian yang akan dibawakan kali ini adalah Tari Kataga, Tari Burung Enggang, dan Tari lenso.

Untuk informasi pembelian tiket, di www.indonesiakaya.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here