Rayakan Hari Batik Nasional Lewat Film Pendek ‘Sekar’

0
2019

Dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional, Kamila Andini merilis film pendek dengan judul Sekar. Film berdurasi 30 menit ini mengisahkan seorang perempuan buta bernama Sekar Sari, atau akrab dipanggil Sekar, yang mendalami batik dan arti di balik tiap coraknya.

Ibu Sekar yang diperankan oleh Christine Hakim adalah seorang pengrajin batik. Tiap kali sang ibu membatik, ia dan Sekar akan meraba, menebak, dan membicarakan rapalan-rapalan doa dan harapan yang terkandung di dalam tiap coraknya.

BACA JUGA:

Apakah Kamu Benar-benar Mengenakan Batik di Hari Batik 2018 ?

Kesalahan Saat Masak Makanan Sehat

Misalnya, batik corak Parang yang bergelombang menggambarkan doa untuk sebuah kegigihan dan sikap pantang menyerah terhadap ombak kehidupan yang akan terus datang. Ada pula motif Semen yang berasal dari kata semi sehingga di dalamnya berisikan elemen yang menggambarkan awal cinta yang baru tumbuh.

Film yang diproduksi oleh Titimangsa Foundation dan Fourcolours Films ini memberikan sudut pandang baru terhadap sehelai kain batik, yang memberikan semangat cinta budaya lebih dalam lagi di Hari Batik Nasional ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here