Ingin Memiliki Rumah Minimalis ? Ada 5 Langkah Wajib Yang Musti Dilakukan

0
934

Minimalis dalam arsitektur menekankan pada hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional. Bentuk-bentuk yang geometris dan tanpa dekorasi menjadi karakter arsitektur minimalis. Para designer desain arsitektur rumah minimalis berfokus pada dua elemen, yaitu pencahayaan yang elegan dan ruang kosong yang tercipta dari pengurangan unsur tiga dimensional dalam desain arsitektur.

Dalam desain arsitektur rumah minimalis modern, desain digunakan untuk menyampaikan pesan kesederhanaan. Tidak adanya hiasan, penggunaan bahan-bahan yang sederhana dan pengulangan struktur merupakan ciri khas minimalis.

BACA JUGA :

Kunjungi Museum Seni Terbaru di Seoul

3 Hasil Karya Seniman Indonesia yang Berkisah di ICAD 2018

Berikut 5 langkah yang musti dilakukan untuk mewujudkannya :

  • Desain Ruangan Terbuka

Desain ruangan pada rumah minimalis biasanya dibuat lebih terbuka dan tidak menggunakan sekat ruang, terutama pada ruang keluarga atau ruang tamu. Penataan ruang yang terbuka digunakan untuk memberikan kesan lapang dan juga memungkinkan adanya fungsi ganda pada sebuah ruangan. Misalnya penggunaan ruang keluarga dan ruang tamu secara sekaligus.

  • Penggunaan Grill Yang Sederhana

Grill pintu rumah juga dapat menambah keindahan pada desain.  Pada arsitektur rumah minimalis, desain grill yang kerap digunakan adalah bentuk vertikal yang sederhana.

  • Bentuk Bangunan Kotak

Ciri utama dari arsitektur minimalis modern sederhana antara lain, bentuk denah yang kotak, bentuk bangunan kubus, deret jendela yang terbentang dengan horizon kotak-kotak, semua sudut façade 90 derajat, dan menggunakan material fabrikasi seperti baja, kaca, dan beton.

  • Memiliki Atap Datar

Desain rumah minimalis mempunyai karakteristik bentuk yang geometris serta memberikan kesan kotak. Kesan kotak ini biasanya ditampilkan dengan pemilihan bentuk atap yang datar atau hanya sekedar nyaris datar. Bentuk atap yang nyaris datar ini juga dapat meminimalisir penggunaan bahan-bahan material untuk membuat atap seperti kayu dan genteng.

  • Memilih Warna Lembut

Baik itu penggunaan cat dinding ataupun wallpaper, rumah minimalis selalu memilih warna-warna yang lembut. Cat warna rumah minimalis yang paling digemari selalu identik dengan warna putih dan motif wallpaper yang sederhana. Hal  ini juga dapat membuat kesan ruangan menjadi lebih longgar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here