Mengenang Nh Dini yang Melahirkan Sutrada Film Minions

0
602
Nh Dini

Sang sastrawan besar, Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin atau dikenal Nh Dini, meninggalkan kesan yang sangat mendalam di dunia kesusastraan Indonesia. Pengarang novel perempuan di era 1960-an ini, selalu membuat cerita yang mengangkat mengenai perempuan.

Sejumlah penghargaan internasional terhadap karya-karyanya pernah diraihnya, salah satunya adalah SEA Write Award di bidang sastra. Salah satu judul novelnya yang terkenal adalah ‘La Barka’. Novel ini mengangkat berbagai permasalahan yang dialami oleh perempuan, mulai dari perceraian, hidup sebagai orang tua tunggal, hingga proses menjadi ibu, dan keraguan terhadap lembaga pernikahan.

BACA JUGA :

Film Keluarga Cemara akan Tayang Akhir Tahun 2018

Mewahnya Auditorium Soekarman di Perpustakaan Nasional

Sebelum menjadi novelis, NH Dini diketahui menikah dengan seorang pria berkebangsaan Prancis atau diplomat bernama Yves Coffin. Keduanya menikah di Jepang pada 1956, dan memiliki dua orang anak bernama  Pierre-Louis Padang Coffin dan Maire-Claire Lintang Coffin.

Pierre Coffin yang kini berusia 51 tahun diketahui awalnya adalah seorang animator lepas di Studio CGI Prancis Ex Machina. Ia dan Chris Renaud pun berkolaborasi dalam proyek film ‘Despicable Me’ di tahun 2010 pesanan Universal Studios dan Minions tahun 2015.

Sebagai seorang kreator Minions, ia yang menggabungkan bahasa yang digunakan ciptaannya, yang berasal dari gabungan Spanyol, Prancis maupun Indonesia. Saat bahasa Indonesia terdengar dalam film tersebut, publik Tanah Air pun turut kegirangan mendengarnya. Hal ini yang selalu mengaitkan Nh Dini dengan sosok Minions yang sangat digemari.

Kini Nh Dini sudah beristirahat dengan tenang pada usia 82 tahun setelah mengalami kecelakaan lalu lintas. Tepatnya tanggal 4 Desember 2018 kemarin, Indonesia kembali berduka. Selamat jalan Nh Dini…..

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here