Sabrina Anggraini Bangga dengan Pakaian Adat Melayu Riau

0
2990
Sabrina Anggraini
Sabrina Anggraini

Finalis Putri Indonesia 2019, Sabrina Anggraini, menjadi salah satu finalis yang menarik perhatian. Walau gagal masuk Top 11 Putri Indonesia 2019, ia berhasil memikat banyak orang dengan kecantikan dan prestasinya.

Perempuan berdarah Riau yang lahir di Jakarta 26 Juni 1995 ini adalah lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Salah satu upaya yang sudah Ia lakukan saat ini yakni membentuk komunitas Kultur Nusantara (Kultara) dengan fokus kegiatan melakulan trip wisata ke berbagai daerah di tanah air, guna memperkenalkan berbagai destinasi wisata tak terkecuali milik Provinsi Riau.

Sabrina berujar selama Karantina ia membawa banyak hal tentang Riau, mulai dari budaya, wisata, dan lain sebagainya yang ada di Bumi Lancang Kuning. Begitu juga di akun instagram miliknya, ia mempromosikan pakaian Adat Melayu Riau yang ia kenakan pada saat berkunjung kesana.

BACA JUGA :

Miss Universe 2018 Memuji Budaya Indonesia

Eksplorasi Keindahan Kain Lombok Lewat Tenun Journey

Sabrina Anggraini
Sabrina Anggraini
“ Ketika berkunjung ke Riau, Saya berkesempatan mengenakan pakaian adat Melayu Riau berbahan dasar tenun siak dengan motif siku awan, pucuk rebung dan bunga tabur. Dilengkapi juga dengan aksesori khas Melayu berupa suntingm jurai dan tekat. Pakaian adat ini biasanya digunakan dalam majelis perkawinan Melayu Riau,” ujarnya.
Sabrina juga menjelaskan bahwa pucuk rubung merupakan motif penggambaran dari alam yang menyerupai tunas bambu yang runcing. Yang bermakna kehidupan terus tumbuh dan berkembang. Sedangkan motif siku awan memiliki makna budi pekerti, sopan santun dan kelembutan akhlak yang menjadi pengayoman budi pekerti luhur di masyarakat Melayu.
“ Seru ya, kalau kita paham lebih jauh tentang sejarah dan filosofi pakaian tradisional nusantara yang kita kenakan, ‘ tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here