Karya Personal Seniman Jeihan di Museum Macan

0
2890
Foto : Instagram/museummacan itjeher.com
Foto : Instagram/museummacan itjeher.com

Seniman Jeihan Sukmantoro atau yang dikenal dengan nama Jeihan adalah salah satu seniman lukis Indonesia yang memiliki nama besar. Bisa dibilang seniman kelahiran Surakarta pada 26 September 1938 adalah salah satu yang paling tangguh di kancah seni rupa Indonesia.

Telah berkeliling dunia dengan karyanya, kali ini Museum Macan yang menghadirkan koleksi seniman Jeihan di galerinya. Pameran yang berjudul “Jeihan : Hari-hari di Cicadas” ini telah dibuka sejak 26 Maret 2019.

Di dalam pameran yang digelar di lantai 6 ini, karya muncul berupa figure orang-orang dekat dengan Jeihan saat ia tinggal di Cicadas, Bandung. Sang seniman memang lama di Bandung karena mengenyam pendidikan di Seni Rupa Institut Teknologi Bandung. Ia bahkan memiliki Studio Seni Rupa Bandung yang kemudian menjadi Studio Jeihan.

BACA JUGA :

Cita Rasa Spanyol di Tapas Club

Makanan untuk Redakan Sakit Tenggorakan

Era yang diambil adalah sejak 1960an hingga 80an. Saat itu Cicadas tempatnya tinggal dikenal sebagai area padat penduduk, dan banyak terjadi prostitusi juga tindak kriminal.

Di pameran ini Seniman Jeihan membuka diri dengan menampilkan karya yang sangat personal. Sosok yang ia gambar diingatnya dari kegiatan menonton TV yang dilakukan bersama para tetangga. Saat itu kegiatan menonton TV yang tergolong mewah memang sering dilakukan di rumah Jeihan yang diperlakukan sebagai ruang komunal.

Ragam raut wajah kerabatnya ia gambar dengan warna mata yang hitam, sesuatu yang sudah jadi ciri khasnya. Jika kamu ingin tahu arti tatapan mata hitam lukisan karya seniman Jeihan, kamu harus memandangi sendiri lukisannya dengan memesan tiket lewat situs Museum Macan, yaitu www.museummacan.org.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here