Melihat Keindahan Alam dan Kehidupan Suku Baduy di Film Ambu

0
5094

Film Indonesia yang akan tayang di bioskop dan wajib kamu tonton adalah Ambu. Mengapa wajib ? karena film ini merupakan film komersial pertama di Indonesia yang mengambil latar belakang suku Baduy serta mengeksplorasi keindahan alam disana.

Sutradara Farid Dermawan mengaku memilih Baduy karena kecantikan dan kesederhanaan alamnya, seperti yang tercitra dalam karakter-karakternya. “ Kami berharap Ambu dapat diterima oleh masyarakat luas, terutama para wanita Indonesia sebagai fokus dari karakter di film ini,” ujarnya.

Film yang dibintangi Widyawati dan Laudya Cynthia Bella ini menceritakan tentang cinta kasih antara seorang anak dan ibu. Film ini berfokus pada kisah Ambu Misnah (Widyawati) yang ditinggalkan anak perempuan satu satunya, Fatma (Laudya Cynthia Bella), pergi dari rumah mereka di Baduy, demi cintanya pada pemuda Jakarta.

BACA JUGA :

Hari Tari Sedunia Diramaikan 500 Penari Anak

Fashion for Words, Ketika Busana Menjadi Media Untuk Berbicara

Dari hubungannya dengan pemuda kota itu, Fatma dikaruniai seorang anak perempuan bernama Nona (Lutesha). Hingga suatu hari, Fatma membawa Nona pulang ke Baduy. Ada penolakan, amarah, luka, tapi ada juga harapan dan kebahagiaan.

Uniknya, proses syuting juga memiliki banyak cerita. “Sebelum syuting saya dan mbak Titien Wattimena (penulis skenario) riset dulu selama tiga bulan lalu datang ke lokasi. Mereka menerapkan aturan untuk kami syuting tidak boleh menggunakan listrik ataupun genset, jadi kekuatannya benar-benar bergantung pada cahaya matahari,” tutur Farid.

Selain itu, lewat film ini yang skenarionya ditulis Titien Watimena itu, Farid Dermawan sekaligus ingin memberikan informasi peraturan adat di Suku Baduy Luar. “Orang yang sudah keluar dari Baduy tidak bisa masuk lagi. Kalau mau masuk lagi, harus dihukum dan ada upacara adat selama 40 hari. Setelah itu baru bisa masuk lagi ke Baduy. Adat masih sangat kuat dan dijunjung tinggi,” ucapnya.
“Wisata Baduy bukan hanya aset budaya Indonesia, tapi juga aset internasional. Warga Baduy terus memegang teguh prinsip adat budayanya untuk melestarikan alam dan mematuhi aturan,” tambahnya. Penasaran ya !  film Ambu dijadwalkan akan tayang di bioskop Indonesia pada 16 Mei mendatang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here